500 Peserta SNPDB 2020 Mengikuti Tes CBT di MAN 4 Jombang

Jombang (23/02)- Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Program Keagamaan (MAN PK), MAN Insan Cendekia (MAN IC), dan MAKN tahun 2020 telah memasuki tahap tes CBT dan tes wawancara. Tahun ini, MAN 4 Jombang menjadi tempat pelaksanaan tes CBT bagi 170 pendaftar MAN PK dan 398 pendaftar MAN IC. Tes tersebut dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 22 Februari sampai tanggal 23 Februari 2020.

               MAN 4 Jombang menjadi salah satu tempat pelaksanaan tes CBT SNPDB 2020 di Provinsi Jawa Timur selain MAN 1 Jember, MAN IC Pasuruan, dan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur. Pelaksanaan tes CBT MAN IC menjadi hal baru bagi MAN 4 Jombang karena SNPDB 2019 lalu MAN 4 Jombang hanya menjadi lokasi tes CBT dan wawancara MAN PK.

             Sekretaris SNPDB 2020 di MAN 4 Jombang, Fuad Maskuni menuturkan bahwa akses laboratorium komputer di MAN IC Pasuruan masih terbatas sehingga pelaksanaan tes juga di lakukan di MAN 4 Jombang dan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

             “Untuk tahun ini MAN 4 Jombang juga menjadi tempat pelaksaan tes CBT MAN IC bersama MAN IC Pasuruan dan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur karena keterbatasan komputer di MAN IC Pasuruan. MAN 4 Jombang menampung peserta CBT MAN IC terbanyak di Jawa Timur,” jelas beliau.

            Kendala juga ditemui pada SNPDB 2020 berupa listrik tiba-tiba padam ketika tes CBT berlangsung. Namun, seluruh peserta CBT tidak dirugikan karena waktu pengerjaan mereka otomatis akan berhenti ketika listrik padam.

             “Kendala tahun ini hanya listrik mati tetapi tidak merugikan peserta tes karena waktu mereka otomatis akan berhenti,” tuturnya.

             Pelaksanaan tes CBT SNPDB 2020 di MAN 4 Jombang terbagi menjadi empat sesi dengan lima ruangan di setiap sesinya. Setiap ruangan tes dapat menampung sekitar 30 peserta tes dengan waktu pengerjaan selama empat jam. Pelaksanaan tes CBT MAN PK yakni pada sesi satu dan tes CBT MAN IC pada sesi dua sampai sesi empat selama dua hari.

             Tes wawancara MAN PK sendiri dilaksanakan di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN 4 Jombang. Tes yang berlangsung selama kurang lebih empat jam tersebut melibatkan 17 penguji yang akan mewawancarai 10 peserta SNPDB MAN PK. Tes wawancara ini akan menjadi pertimbangan bagi pendaftar MAN PK selain hasil tes CBT yang akan diumumkan pada 7 Maret 2020 di portal daring SNPDB 2020.

Penulis : M. Elga Johan Prasetyo (X MAPK 1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *