Apel Penghormatan Bendera Merah Putih, Kamad MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Ajak ASN Tingkatkan Disiplin

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif menggelar apel penghormatan bendera merah putih di halaman depan Gedung KH. Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang pada Senin, 17 April 2023.

Bertindak sebagai pembina, kepala MAN 4 Jombang, Muhammahd Ilyas berpesan agar seluruh ASN MAN 4 Jombang bersyukur karena ditempatkan di lingkungan kerja yang baik.

“Pertama alhamdulillah kita berada di satker pemerintah, tapi di sisi lain yang bersamaan kita berada di naungan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif yang pendirinya adalah salah satu pendiri NU ormas terbesar di dunia. Ini kita perlu syukuri.” ucapnya

M. Ilyas kemudian mengutip sebuah ayat Alquran surat Al Ahzab ayat 72 tentang amanat yang dipikul manusia selama menjadi khalifah di bumi.

“Nah kalau kita pecah sedikit ayat itu, jika kita sudah mau menerima amanat pemerintah untuk menjadi ASN, maka konsekuensinya adalah sebagaimana kita diwajibkan menjadi khalifah di muka bumi ini, maka sebagai ASN juga harus siap. Saya terima undangan apel jam 7 malam, saya share ke Bapak-Ibu jam 11 malam, dan alhamdulillah Bapak Ibu siap. Terima kasih banyak”  ungkapnya.

Selanjutnya M. Ilyas juga menjelaskan mengenai bagaimana lingkungan bisa berpengaruh dalam kehidupan. Lingkungan MAN 4 Jombang  yang berada dalam naungan PP. Mamba’ul Ma’arif dinilai sebagai lingkungan yang baik dan dapat mengantarkan seseorang menjadi lebih baik.

“Kadang meskipun kita di MAN 4 ini mengajar matematika, tetapi di masyarakat, kita dianggap sebagai guru di pondok pesantren. Misal waktu kenduren pun kita tetap disuruh mimpin doa.” katanya.

Namun, lanjutnya, ada beberapa contoh orang yang hidup di lingkungan baik, tetapi kehidupannya tidak semakin baik. Sebaliknya, ada yang hidup di lingkungan yang jelek, tetapi ia masih bisa menjaga kehidupannya dalam kebaikan.

“Seperti  istrinya Nabi Luth dan Nabi Nuh. Nabi Luth dan Nuh  ini orag sholih, tapi istrinya yang tinggal sama dia menentang apa yang dibawa Nuh. Tetapi istri Fir’aun, yang berada di lingkungan  Fir’aun, orang yang selama ini kita catat sebagai orang paling jahat di muka bumi ini. Karena dia  tidak hanya tidak mengakui adanya Allah, tapi dia malah mengaku dirinya adalah Tuhan. Tapi seperti itu istrinya bisa menjadi istri sholihah mukminah billah.” jelasnya.

Maka dari itu, M. Ilyas mengajak seluruh ASN MAN 4 Jombang untuk senantiasa berdoa meminta pertolongan Allah agar bisa menjadi ASN yang baik dan disiplin.

“Maka, kita perlu selalu berdoa kepada allah, Ya Allah,  allahummahdini.  Ya Allah berikan saya hidayah karena hidayah itu tidak mengenal ada di mana. Meskipun di tempat yang jelek sekalipun kalau hidayah Allah itu datang, maka kita akan menjadi orang baik.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *