Asesmen Madrasah Berakhir, Siswa Kelas XII MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Persiapkan Ujian Praktek Ibadah Siswa dan Try Out UTBK

Jombang (MAN 4) – Asesmen Madrasah(AM) bagi siswa kelas XII atau yang dulu dikenal sebagai Ujian Madrasah (UM), telah berakhir pada Selasa, 21 Maret 2023. Sesaat setelah melaksanakan AM, para siswa kelas XII MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif menerima arahan dan pengumuman kegiatan di Gedung KH. Bisri Syansuri.

“Alhamdulillah, anak-anak telah melaksanakan AM. Untuk selanjutnya, anak-anak akan melaksanakan ujian PIS (Praktek Ibadah Siswa) pada tanggal 25-30 Maret 2023. Dan dilanjutkan try out UTBK pada tanggal 27-28 Maret.” ucap waka kurikulum, M.Ali Makhfud saat pengarahan siswa kelas XII.

Asesmen Madrasah di MAN 4 Jombang dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 21 Maret 2023. Asesmen Madrasah meliputi semua mata pelajaran, kecuali mata pelajaran yang dipraktikkan.

Sedangkan ujian praktik telah dilaksanakan sebelum AM, yakni pada tanggal 27 februari – 6 maret 2023. Ujian praktik dilaksanakan untuk 4 mata pelajaran, yakni PJOK, seni budaya, prakarya, dan multimedia.

Adapun ujian PIS (Praktek Ibadah Siswa) merupakan ujian wajib untuk semua jenjang kelas yang dilaksanakan setiap akhir semester. Sama halnya dengan AM, Praktek Ibadah Siswa (PIS) juga menjadi syarat kelulusan siswa kelas XII di MAN 4 Jombang.

Materi ujian PIS kelas XII meliputi hafalan surat Yasin dan Al-Mulk, bacaan istighosah, bacaan wirid dan doa salat tarawih, witir, tahajjud, dan dhuha. Sementara untuk praktek, ada praktek salat gerhana matahari (kusyuf as-syamsi), salat gerhana bulan (kusyuf al-qamar), dan salat istisqa’ (salat meminta hujan).

Sementara itu, siswa kelas X dan XI telah melaksanakan ujian PIS selama kelas XII menjalani AM, yakni pada tanggal 13-22 Maret 2023.

Pengumuman pelaksanaaan ujian PIS bagi kelas XII selanjutnya disampaikan oleh ketua tim Keagamaan MAN 4 Jombang, Mujiyono. Dalam arahannya, Mujiyono menjelaskan teknis dan jadwal pelaksanaan PIS yang bersamaan dengan kegiatan Kepesantrenan bulan Ramadhan.

“Mulai tanggal 23 Maret sampai 8 April, nanda sekalian akan melaksanakan kegiatan kepesantrenan selama bulan Ramadhan. Kemudian di hari Sabtu, tanggal 25 Maret, nanda sekalian mulai ujian PIS. Kita upayakan 4 hari, sampai tanggal 28, selesai.” papar Mujiyono.

Sementara bagi siswa yang mengikuti (try out) UTBK pada tanggal 27-28 Maret, lanjut Mujiyono, akan diatur jadwal ujian PIS nya sehingga tetap bisa mengikuti keduanya.

“Nanti di tanggal 27-28 itu ada (try out) UTBK. Bagi yang tidak mengikuti UTBK dan ujian PISnya sudah selesai, tetap mengikuti ngaji kepesantrenan.” terangnya.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri bagi calon mahasiswa yang mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Try Out UTBK SNBT yang akan digelar MAN 4 Jombang merupakan hasil kerjasama MAN 4 Jombang dengan penyedia fasilitas sistem pembelajaran daring, Quipper. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *