Bentuk Karakter Siswa, MAN 4 Jombang PP Mamba’ul Ma’arif Adakan Pendidikan Kepramukaan

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengadakan kegiatan pendidikan kepramukaan wajib bagi seluruh siswa di MAN 4 Jombang pada Sabtu (10/9).

Bersama Amirul Muslimin dan Zeyfulloh selaku pembina pramuka, pendidikan kepramukaan ini dilaksanakan di tiga tempat berbeda. Siswa putra di lapangan Desa Denanyar, siswi putri kelas X dan XI di halaman lokal putri, sedangkan siswi kelas XII di halaman Ruang Kelas Baru (RKB).

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam pendidikan kepramukaan ini, mulai dari pembuatan pionering kaki tiga dengan tongkat, pembuatan ring kacu hasduk, pelatihan sandi morse, pelatihan baris berbaris, hingga permainan-permainan ketangkasan yang melatih kemandirian dan kerjasama siswa.

Agung Harsono, ketua pembina ekstrakurikuler MAN 4 Jombang selaku pemateri kepramukaan mengatakan, pendidikan kepramukaan bertujuan menguatkan proses pendidikan karakter di madrasah melalui pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

“Pendidikan kepramukaan bertujuan menguatkan proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup melalui nilai-nilai kepramukaan yang terkandung dalam dasa darma dan tri satya pramuka. Kami berharap, siswa-siswi MAN 4 Jombang menjadi generasi berkarakter dan berkepribadian kuat, sebagaimana tujuan gerakan pramuka.” terangnya.

Pendidikan kepramukaan merupakan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah sesuai yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014. Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan. (Jurnalistik MAN4Jombang)

Editor : hiy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *