Bersama Quipper, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Try Out UTBK-SNBT 2023

Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif mempersiapkan siswa kelas XII yang akan mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi. Bekerja sama dengan Quipper, MAN 4 Jombang menggelar try out Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023. Try out UTBK-SNBT digelar sejak Senin, 27 Maret 2023 hingga Selasa, 28 Maret 2023..

Sebanyak 287 siswa mengikuti try out UTBK-SNBT 2023 yang terbagi dalam 7 ruangan. Wakil kepala bagian kurikulum MAN 4 Jombang, M. Ali Makhfud mengatakan bahwa try out UTBK dilaksanakan untuk memberi gambaran pelaksanaan UTBK 2023.

“Anak-anak biar terbiasa dengan latihan soal-soal UTBK. Agar tidak kaget juga dengan soal UTBK-SNBT ini. Soal try out ini dibuat mirip dengan jenis soal UTBK SNBT.” jelasnya.

Ali Makhfud juga menjelaskan, bahwa try out UTBK akan digelar dua kali. Selain itu juga akan diadakan tes minat bakat untuk semua jenjang kelas.

“Rencananya try out dari Quipper ini akan diadakan 2x. Try out keduanya nanti sekitar tanggal 10-16 April. Lalu ada tes minat bakat juga tanggal 4 April 2023. Untuk melihat kira-kira siswa kita cocok di jurusan apa kalau kuliah. Nanti kelas X dan XI juga ada tes bakat minat sendiri.” terangnya.

Sementara itu, Pihak Quipper yang diwakili oleh Badryatul Wulandari mengungkapkan, hasil try out UTBK-SNBT akan diumumkan minggu depan.

“Hasil try outnya nunggu seminggu.” ungkapnya.

Pihaknya juga menyebut bahwa Quipper sebagai penyedia fasilitas sistem pembelajaran berbasis teknologi (daring) juga akan menyediakan materi tes SNBT untuk membantu siswa melaksanakan UTBK 2023.

“Kami juga menyediakan materi tes SNBT, soal-soalnya, dan juga pembahasannya untuk membantu para siswa mempersiapkan UTBK SNBT 2023 ini.” ungkap Wulan, sapaan akrabnya.

Sebagai informasi, pendaftaran UTBK-SNBT 2023 telah dibuka sejak Kamis, 23 Maret 2023 hingga 14 April 2023. Sementara pelaksanaannya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2023 hingga 28 Mei 2023.

Seperti yang diketahui, tahun 2023 ini banyak terjadi perubahan skema dalam penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) 2023. Terutama dalam materi tes SNBT, yang tersusun atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Literasi.

Tes Literasi kemudian tersusun atas tujuh subtes, antara lain Kemampuan Penalaran Matematika, Penalaran Umum, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis, Literasi dalam Bahasa Indonesia, dan Literasi dalam Bahasa Inggris. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *