Cegah Anemia, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Adakan Skrining Anemia Pada Siswa

Kab. Jombang (MAN 4) – Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan anemia pada remaja, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif bekerja sama dengan Puskesmas Pulo Lor mengadakan skrining kesehatan. Bertempat di ruang perpustakaan lokal putri, skrining kesehatan diikuti 148 siswi kelas X pada Selasa, 7 Maret 2023.

Pembina PMR MAN 4 Jombang, Izzatul Latifah menyampaikan bahwa skrining kesehatan merupakan agenda rutin yang dilakukan tiap tahun.

“Yang dicek di skrining kesehatan itu tadi (meliputi) mata, anemia, tes buta warna, rambut, telinga, berat badan, tinggi badan. Tapi fokusnya ke anemia, makanya yang diskrining cuma anak putri, karena anak putri rawan anemia.” kata Izza.

Melalui skrining ini, lanjut Izza, akan terdeteksi siswi yang mengalami anemia untuk kemudian dilakukan tindak lanjut berupa pemberian vitamin dan tablet tambah darah (TTD).

“Kalau mengalami anemia, biasanya akan berpengaruh terhadap semangat belajar. Itu jangka pendeknya. Kalau jangka panjangnya, anemia pada perempuan juga akan menyebabkan kelelahan, komplikasi kehamilan, bayi lahir prematur, stunting, dan lainnya.” ucapnya.

Anemia merupakan keadaan ketika kadar hemoglobin (Hb) dalam darah berada di bawah normal. Kekurangan kadar Hb dalam darah dapat menyebabkan gejala 5L (Letih, Lemah, Lesu, Lelah, Lunglai) sehingga dapat menurunkan konsentrasi belajar. Penyebab anemia adalah ketika anak kekurangan zat besi, baik dari makanan atau asupan suplemen.

Remaja putri rentan mengalami anemia karena di masa puber remaja putri mengalami permulaan siklus menstruasi, yang mengakibatkan banyak kehilangan darah.

Melalui skrining kesehatan ini, Izza berharap para siswa bisa semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan.

“Harapannya anak-anak lebih gemar makan sayur, dan sadar kesehatan. Karena banyak yang pingin sehat, tetapi ga sadar dengan kesehatan.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *