Cegah Pergaulan Bebas, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Talkshow Pendidikan Seks dan Narkoba

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar menggelar talkshow problematika remaja; sex education, narkoba, dan bullying bagi seluruh siswa kelas XI, pada Minggu (11/09/22).

Bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang, acara ini diikuti oleh 588 siswa yang terdiri dari siswa MAN PK dan seluruh siswa kelas XI MAN 4 Jombang. Acara ini diisi langsung oleh dr. Fauqa Arinil Aulia, Sp.PK dari RSUD Jombang, dan Moch. Choliq Al-Mukhlis, S.HI dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Timur.

“Jawa Timur merupakan provinsi terbanyak kedua setelah Papua sebagai penyumbang kasus HIV/AIDS. Yang paling banyak di usia 20-29 tahun, yaitu di usia produktif seksual. Usia tersebut adalah usia puncak hasrat seksual dan jika tidak tepat penyalurannya akan mengakibatkan freesex dan menyebabkan HIV/AIDS makin meningkat.” ujar dr. Fauqa Arinil Aulia, Sp.PK saat mengisi materi sex education.

Seks bebas, lanjut dr. Fauqa Arinil Aulia, Sp.PK memiliki banyak resiko, dari penyakit menular seksual hingga aborsi. Sehingga ia menghimbau para remaja untuk menghindari seks bebas dengan cara tidak berpacaran.

”Pacaran itu menikmati sesuatu yang bukan haknya, sama dengan korupsi.” tegasnya.

Materi berlanjut pada pembahasan narkoba oleh Moch. Choliq Al-Mukhlis, S.HI. Menurutnya, narkoba akan menyebabkan kecanduan sehingga akan melakukan segala cara untuk memperoleh narkoba.

“Kalau sudah jadi pecandu, apapun bisa dilakukan untuk mendapatkan narkoba. Termasuk melakukan kekerasan, tindak kriminal, hingga menjual diri. Makanya, narkoba juga erat kaitannya dengan seks bebas.”

Antusiasme siswa semakin terlihat ketika pemateri mengajak penyintas narkoba binaan BNN, Ilham Firmansyah untuk ikut mensosialisasikan bahaya narkoba dan dampaknya terhadap kehidupan sosial.

“Dulu saya awalnya hanya merokok, lalu mencoba minum alkohol, dan berlanjut narkoba. Saya menyesal jadi pecandu narkoba. Karena narkoba, saya dijauhi keluarga dan teman-teman saya. Karena narkoba juga, saya akhirnya putus sekolah saat SMP.”

Ilham berpesan agar siswa-siswi MAN 4 Jombang menjauhi narkoba dan apapun yang menyebabkan ketergantungan, termasuk rokok.

“Jangan remehkan bahaya rokok. Rokok itu ada nikotinnya yang menyebabkan kecanduan. Saran saya, kurangi merokok. Kalau bisa, jangan pernah merokok.” ungkapnya.

Kegiatan bertambah meriah saat sesi istirahat diisi dengan hiburan. Juara pop singer Porseni Jawa Timur sekaligus alumni MAN 4 Jombang tahun 2020, Krisna, menghibur dengan menyanyikan beberapa lagu. Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian hadiah bagi siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan narasumber. (Jurnalistik MAN4Jombang)

Editor : hiy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *