Cegah Pernikahan Dini, Siswa MAN 4 Jombang ikuti Bimbingan Pranikah Bagi Remaja Usia Sekolah

Kab. Jombang (MAN 4) – Sebanyak 200 siswa MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif mengikuti Bimbingan Pranikah bagi Remaja Usia Sekolah yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Jombang melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam.

Bimbingan Pranikah dilaksanakan sejak Senin 22 Mei hingga Kamis 23 Mei 2023 dan terbagi dalam dua tempat. Siswa putra di Aula MAN 4 Jombang dan siswi putri di di ruang keagamaan lantai 3 gedung KH. Bisri Syansuri MAN 4 Jombang.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Dr. Mashur, Lc. M.Pd.I saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan dan pemahaman kepada remaja tentang pernikahan dan mencegah terjadinya pernikahan dini.

Pernikahan dini, lanjut Mashur, terjadi akibat pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Melalui kegiatan ini, diharapkan para remaja memahami resiko dan dampak dari pernikahan dini.

Sementara itu, Bunga Syafa Kamila (X MIA 4) sebagai salah satu peserta bimbingan pranikah mengungkapkan bahwa kegiatan bimbingan pranikah penting diadakan untuk mencegah kenakalan remaja dan pernikahan dini.

“Bimbingan pranikah ini merupakan hal baru bagi saya, mengingat saya masih pelajar. Namun saya juga menyadari pentingnya bimbingan pranikah ini, sebagai upaya  guna mengurangi dan mencegah banyaknya kenakalan remaja yang marak terjadi saat ini.” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan bimbingan pranikah yang diselenggarakan rutin oleh Kemenag jombang kemarin berlangsung seru dan menyenangkan.

“Kegiatannya seru sekali. Bimbingannya itu modelnya kayak bermain sambil belajar. Jadi main-main, tapi materinya disampaikan secara tidak langsung.” ujar Bunga.

Bunga pun menambahkan bahwa dalam kegiatan bimbingan pranikah juga disajikan permasalahan-permasalahan remaja masa kini dan para siswa diminta untuk mendiskusikan cara memecahkan masalah tersebut.

“Dengan begitu, kami bisa lebih memahami materi dan bisa mengambil pelajaran dari permasalahan tersebut.” pungkas Bunga. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *