Delegasi MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Raih Juara Dua Lomba TikTok BKKBN Tingkat Kabupaten

Kab. Jombang (MAN 4) – Ahmad Nugraha, siswa kelas XI PK 1 MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar meraih juara dua lomba TikTok dalam kegiatan Jambore Remaja Jombang 2022, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) melalui Program Generasi Berencana (GenRe). Jambore Remaja Jombang 2022 diadakan selama dua hari, dari Selasa (15/11/2022) hingga Rabu (16/11/2022) di ruang Bung Tomo, kompleks Gedung Pemkab Jombang.

Kegiatan ini diikuti oleh remaja delegasi kecamatan, delegasi desa, serta sekolah-sekolah se-kabupaten Jombang. MAN 4 Jombang mengirimkan 4 delegasi dalam Jambore Remaja, yakni Ahmad Nugraha (XI PK 1), M. Faza Fauzan Azhima (XI PK 1), Henita Fatimatuz Zahroh (XI IIS 3), dan Fika Barirothul M. (XI MIA 7).

“Lomba TikTok ini merupakan salah satu kegiatan dalam Jambore Remaja. Alhamdulillah kita dapat juara dua, dari TikToknya Nugraha.” ujar pembina PMR, Izzatul Latifah.

Diakui Izza, awalnya Nugraha tidak memiliki akun TikTok saat akan mengikuti Jambore Remaja.

“Jadi Nugraha ini awalnya tidak memiliki akun TikTok. Memang benar-benar belajar dari awal. Lalu mengkonsep videonya bersama-sama, hingga menentukan tema. Kalau TikTok Nugraha kemarin temanya tentang stunting.” Jelas Izza.

“Sosial media seperti TikTok itu bisa banget dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif seperti ini. Jadi bisa dipakai untuk mengkampanyekan pencegahan kenakalan remaja, pernikahan dini, hingga stunting.” tambahnya.

Pembina Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Ceria MAN 4 Jombang, Nikmaturrohmah menjelaskan bahwa Jambore Remaja adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh GenRe BKKBN. Genre merupakan wadah edukasi remaja usia pra nikah (10-24 tahun, red) untuk menjauhkan remaja dari pernikahan dini, seks pranikah, dan Napza.

Dalam Jambore Remaja, lanjut Nikmah, dipaparkan materi tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP), Kehamilan yang tidak dikehendaki (KTD), hingga pelatihan public speaking. Selain itu, juga diadakan beberapa perlombaan, seperti cerdas cermat, TikTok, dan Photo Voice.

“Tahun lalu kita mendapat juara satu dalam lomba cerdas cermat di Jambore Remaja. Tahun ini, alhamdulillah mendapat juara dua dalam lomba TikTok.”ungkap Nikmah.

Nikmah menyebut bahwa kegiatan Jambore Remaja banyak membawa manfaat terhadap siswa-siswi MAN 4 Jombang yang notabene adalah remaja usia pra nikah.

“Untuk pengembangan diri anak-anak sangat bagus sekali. Mereka mendapat pengetahuan dari teman sebaya dan dari pemateri. Dari sana diharapkan para delegasi ini bisa menularkan ilmu yang didapat ke teman-temannya di madrasah.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *