Diikuti 470 Siswa, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Sukses Gelar AMBK Tahun Ajaran 2023/2024

Kab. Jombang (MAN 4) – Sebanyak 470 siswa MAN 4 Jombang mengikuti Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) tahun ajaran 2023/2024 pada 16 – 24 Maret 2024. Selain AMBK, Kelas XII MAN 4 Jombang juga telah melaksanakan ujian akhir praktik meliputi Seni Budaya, Prakarya, PJOK, dan keterampilan (Tata Boga, Otomotif, Multimedia) tanggal 2 – 7 Maret 2024 lalu.

AMBK merupakan ganti dari Ujian Akhir Madrasah (UAM) sebagai syarat kelulusan bagi kelas XII dan penilaian terhadap mutu lulusan madrasah yang dilaksanakan berbasis online atau semi-online.

Musabihin, selaku ketua panitia AMBK mengungkapkan pelaksanaan ujian akhir berbasis komputer baru dilaksanakan tahun ini. Meski demikian, pelaksanaan AMBK berjalan dengan lancar dan sukses.

“Tahun kemarin ujian akhirnya masih paper. Tapi, tahun ini sudah berbasis komputer. Meski begitu pelaksanaan AMBK berjalan lancar, alhamdulillah,” ungkap Musabihin.

“Alhamdulillah, pelaksanaan AMBK di MAN 4 Jombang berjalan dengan lancar. Sebenarnya Kementerian Agama memberikan rentang waktu 4 – 30 Maret 2024 untuk melaksanakan AMBK. Kita tidak memilih di (tanggal) awal dengan tujuan kelas XII masih dapat mengikuti pengajian ramadhan atau ngaji kitab di pondok masing-masing,” kata Kepala MAN 4 Jombang, Moh. Ilyas.

Ia juga berharap, peserta didik kelas XII MAN 4 Jombang nantinya dapat melanjutkan menimba ilmu dan diterima di kampus favorit.

“Harapan yang pertama, mudah-mudahan prestasi anak-anak semakin bagus dan lulus 100% serta ilmu yang didapat selama 3 tahun di sini mendapat barokah manfaat untuk kemudian hari. Kedua, semoga diterima diperguruan tinggi favorit dan kalau tahun ini tidak langsung kuliah karena menyelesaikan hafalan al Qur’annya dan memperdalam kitab, tidak apa-apa. Jangan berhenti sampai di sini dalam menuntut ilmu,” tutur Moh. Ilyas.

Moh. Ilyas juga menyampaikan solusi bagi lulusan MAN 4 Jombang yang terkendala biaya dalam melanjutkan keperguruan tinggi, “Yayasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar ini ada Ma’had Aly dan juga bekerjasama dengan Universitas Negeri Terbuka Surabaya. Kalian bisa mendaftar ke sana,” pungkasnya. (hir)

Pelaksanaan AMBK Siswa Kelas XII MAN 4 Jombang Tahun Pelajaran 2023-2024
Pelaksanaan AMBK Siswi Kelas XII MAN 4 Jombang Tahun Pelajaran 2023-2024
Monitoring dan Evaluasi dari Pendma Kementerian Agama Kab. Jombang
Kepala MAN 4 Jombang (kiri) dan Wakil Kepala Bidang Sarpras (kanan) bersama dengan pengawas MAN 4 Jombang (tengah)
Ujian Praktik Multimedia Kelas XII Tanggal 2 - 7 Maret 2024
Ujian Praktik Otomotif Kelas XII Tanggal 2 - 7 Maret 2024
Previous slide
Next slide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *