Gandeng BDK Surabaya, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Diklat Publikasi Ilmiah

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya mengadakan Pelatihan Publikasi Ilmiah bagi guru. Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan sejak Senin (5/12/2022) hingga Sabtu (10/12/2022).

“MAN 4 Jombang dari tahun 2017 sudah bekerja sama dengan BDK untuk mengadakan pelatihan di sini. Berturut-turut setiap tahun. Jadi ini tahun ke-6 kami menggelar diklat dengan BDK.” terang Ira Purwandari, selaku waka Humas MAN 4 Jombang.

Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala MAN 4 Jombang, Mukhammad Ali Makhfud, pada Senin (5/12/2022) di Gedung Pusat Pelayanan Terpadu lantai 3, MAN 4 Jombang.

Materi yang diberikan dalam pelatihan publikasi ilmiah ini meliputi penulisan dan publikasi artikel ilmiah pada jurnal, penulisan artikel dan presentasi pada forum ilmiah, penulisan dan publikasi karya ilmiah populer, penulisan penelitian tindakan kelas, serta pelatihan penulisan buku.

Pelatihan publikasi ilmiah dibimbing langsung oleh widyaiswara BDK Surabaya. Diantaranya, Dr. Makmun Hidayat, M.Pd., Dr. Sholehuddin, M.Pd.I., Dr. H. Sholikin, M. Ed., dan Dr. H. Abd. Haris, M.M. Turut hadir dalam acara, Kepala BDK Surabaya, Dr. H. Japar, M.Pd. dan Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Dr. Taufiqurrohman, M.Ag.

Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Jombang, Taufiqurrohman mengungkapkan bahwa MAN 4 Jombang adalah salah satu madrasah yang memiliki potensi besar. Maka, potensi ini harus tetap dijaga dan ditingkatkan, salah satu caranya adalah dengan mengikuti pelatihan.

“Saya berterima kasih kepada Panjenengan semua, karena mengadakan pelatihan ini adalah ide sendiri, ya bayar sendiri. Berarti semangat berbenah dalam mengembangkan keilmuan Panjenengan luar biasa.” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa seorang ASN harus memiliki tiga kompetensi dasar, yaitu kompetensi teknis, kompetensi menejerial, dan kompetensi sosio kultural.

“Oleh karena itu, Monggo kita mengabdi dengan ikhlas, dan tetap menjaga semangat dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas diri kita.” pungkasnya (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *