Gelar Aksi Donor Darah, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Kumpulkan 70 Kantong Darah

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang kembali menggelar aksi donor darah di Gedung K.H. Hasyim Asy’ari, Sabtu (10/2/2024). Kegiatan peduli sesama tersebut diikuti oleh semua siswa dan guru MAN 4 Jombang serta berhasil mengumpulkan 70 kantong darah.

Sebelumnya, calon pendonor harus memenuhi persyaratan dan sejumlah pemeriksaan untuk melakukan donor darah. Barulah calon pendonor yang dinyatakan sehat dan layak diperkenankan untuk mendonor. Aksi donor darah MAN 4 Jombang tersebut juga merupakan bentuk solidaritas membantu dan memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang membutuhkan transfusi.

Pembina PMR MAN 4 Jombang, Izzatul Lathifah mengatakan kegiatan donor darah tersebut sangat penting. Selain untuk menumbuhkan jiwa peduli sesama juga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

“Kegiatan donor darah ini merupakan program PMR di MAN 4 Jombang. Pelaksanaannya 1 tahun 2 kali dan sangat penting sekali. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa jiwa peduli terhadap sesama serta menjaga dan memantau kesehatan guru dan siswa”, kata Izzatul.

Dirinya juga menekankan syarat-syarat yang harus dipenuhi calon pendonor, “tentu kita cek dulu kesehatannya mulai dari berat badan minimal 45 kg, tekanan darah minimal 110/80, dan HB minimal 12,5. Semuanya harus sesuai prosedur kesehatan. Ada juga beberapa pendonor yang tertolak karena di bawah standar minimimal, capek, batuk pilek, dan mengkonsumsi obat-obat tertentu”, terang Izzatul.

Salah satu pendonor, Ali Mahfud yang juga Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 4 Jombang mengatakan, “kegiatan ini sangat bagus, kalau bisa digelar 1 tahun 3 kali. Karena setetes darah kita itu sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Dan ini bisa menjadi ladang pahala bagi kita”, ungkap Ali. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *