Gelar Rapat Kerja, MA Plus Ketrampilan MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar Siap Optimalkan Potensi

Kab. Jombang (MAN 4) – MA Plus Ketrampilan MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar menyelenggarakan rapat kerja selama dua hari, mulai Hari Senin (29/8) hingga Selasa (30/8)di aula MAN 4 Jombang.

Rapat kerja ini dihadiri oleh pelaksana tugas (Plt) Kepala MAN 4 Jombang, beserta jajaran wakil kepala (waka) dan seluruh koordinator bidang keterampilan mulai koordinator bidang otomotif, koordinator bidang tataboga, dan koordinator bidang multimedia dan prodistik, hingga seluruh staff.

Adapun agenda utama rapat kerja ini adalah pemaparan rancangan program kerja masing-masing bidang ketrampilan. Plt Kepala MAN 4 Jombang, M. Ali Makhfud dalam sambutannya mengatakan bahwa, MAN 4 Jombang sebagai salah satu madrasah yang ditunjuk Kementerian Agama untuk melaksanakan program MA Plus Ketrampilan diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa di era digital.

“MA Plus Ketrampilan dimaksudkan untuk mengembangkan jenis-jenis pendidikan vokasi demi meningkatkan kompetensi siswa di era digital.” ucapnya.

Demi mengoptimalkan potensi siswa melalui MA Plus Ketrampilan, lanjut Ali Makhfud, juga harus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dari madrasah.

“Mulai dari penyediaan sarana dan prasarana vokasi masing-masing bidang ketrampilan, guru yang kompeten sesuai bidang, juga relasi usaha untuk meningkatkan kompetensi siswa sesuai bidang ketrampilannya.” terangnya.

Ketua Pembina MA Plus Ketrampilan, Didik Pratikno mengatakan, melalui MA Plus Ketrampilan siswa diharapkan dapat mempunyai wawasan entrepreneurship dan kemampuan ketrampilan tertentu dalam rangka meningkatkan kompetensi masyarakat masa mendatang.

“Untuk itu, sebagai upaya meningkatkan pembelajaran di MA Plus Ketrampilan, kita juga akan merencanakan studi banding ke sekolah yang telah berhasil melaksanakan program ketrampilan.” terangnya.

MA Plus Ketrampilan merupakan salah satu program diversifikasi (penganekaragaman) keunggulan madrasah yang dibentuk oleh Kementerian Agama. Selain MA Plus Ketrampilan, Program Unggulan MAN 4 Jombang yang lain yaitu MA Program Keagamaan, dan MA Program Sistem Kredit Semester (SKS). (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *