Ikuti Sosialisasi, MAN 4 Jombang bakal jadi Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka

Jombang (MAN 4) – Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) tengah gencar melakukan sosialisasi kurikulum merdeka ke berbagai madrasah di Indonesia, salah satunya ke MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif pada Rabu (25/1).

Sebanyak 126 guru MAN 4 Jombang mengikuti sosialisasi dan pendampingan implementasi kurikulum merdeka (IKM) yang dilaksanakan di lantai 3 gedung pusat pelayanan terpadu MAN 4 Jombang. Zulkifli selaku Sub Koordinator Kurikulum dan Evaluasi MA/MAK Direktorat KSKK Kemenag mengatakan, pendaftaran madrasah pelaksana kurikulum merdeka dibuka mulai tanggal 10 Januari hingga 25 Februari 2023.

“Saat ini sudah ada 2.471 madrasah yang mendaftar sebagai pelaksana kurikulum merdeka. “ ujarnya.

Menurutnya, MAN 4 Jombang sebagai madrasah pelaksana program SKS (Sistem Kredit Semester) sudah sejalan dengan kurikulum merdeka yang memilah siswa berdasarkan bakat, minat, dan kemampuan siswanya.

“Kurikulum merdeka sesungguhnya sejalan dengan program SKS, karena menerapkan diferensiasi. Kepada siswa itu disesuaikan bakatnya, disesuaikan minatnya, disesuaikan kemampuan belajarnya.” terangnya.

Pihaknya juga mengatakan bahwa struktur kurikulum merdeka hampir sama dengan kurikulum sebelumnya. Perbedaan yang spesifik dari kurikulum merdeka adalah adanya proyek penguatan profil pelajar pancasila.

“Kita, kementerian agama diberikan kewenangan untuk mengembangkan (proyek penguatan profil pelajar pancasila), yakni diambil dari nilai-nilai moderasi beragama.” ucapnya.

Sementara itu, Plt. Kepala MAN 4 Jombang, Mukhamad Ali Makhfud mengatakan bahwa MAN 4 Jombang berencana akan melaksanakan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2023/2024

“Iya, kita akan mengajukan permohonan melaksanakan IKM ke Kemenag. Jadi insya Allah tahun ajaran 2023/2024 kita akan melaksanakan kurikulum merdeka.” Ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Zulkifli meminta para guru MAN 4 Jombang untuk bersiap mengalokasikan waktu untuk mengikuti pelatihan kurikulum merdeka.

“Bapak Ibu guru perlu melaksanakan pelatihan untuk penerapan kurikulum merdeka. Bisa bekerja sama dengan BDK. Pelatihannya 60 JP, jadi dilaksanakan sekitar 6 hari. “ pungkasnya. (hiy)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *