Jaga Rasa Lapar Terhadap Ilmu: MAN 4 Jombang Gelar Kajian Bersama K.H. Abdussalam Shohib


Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang kembali adakan pengajian rutin bagi guru dan karyawan pada Sabtu (20/8/2022) setelah 3 tahun vakum karena pandemi.

Bertempat di Gedung Tata Usaha MAN 4 Jombang Lantai 3, pengajian rutin ini disampaikan langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, sekaligus Wakil Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), K.H. Abdussalam Shohib.

Kitab yang dikaji adalah Majalisus Saniyah karangan Syaikh Ahmad bin Syaikh Al Fasyani yang merupakan syarah (penjelasan, red) dari kitab hadits Arba’in Nawawi. Sebelum memulai kajian, Kiai Salam (panggilan akrabnya, red) menyampaikan pesan agar para guru jangan pernah berhenti untuk belajar dan merasa cukup terhadap ilmu.

Wa kun mustafidan kulla yaumin ziyadatan minal ilmi washbah fi buhuril fawaidi. Bahwa selama kita hidup, tugas kita setiap hari adalah menambah ilmu, karena ilmu itu bagaikan lautan yg tidak akan pernah kita sampai pada dasarnya.” terangnya.

Kiai Salam juga menambahkan bahwa orang yang paling pandai atau alim diantara manusia adalah orang yang mau belajar kepada siapapun, tidak pandang bulu, bahkan kepada orang yang lebih muda dan anak-anak.

“Jadi, begitu kita berhenti mencari ilmu, merasa cukup terhadap ilmu, seketika itu kita menjadi bodoh. Selama kita masih semangat dan menjaga rasa lapar kita terhadap ilmu, maka disitulah kita punya status a’lamunnas. Orang yg pandai diantara manusia. Maka pengajian ini penting untuk menjaga rasa lapar kita kepada ilmu dan menjaga agar tidak pernah merasa puas terhadap ilmu.” ungkapnya.

Kajian rutin ini merupakan program kerja Yayasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif yang diadakan di seluruh madrasah dalam naungan Yayasan Ponpes Mamba’ul Ma’arif. MAN 4 Jombang sebagai salah satu madrasah dalam naungan Yayasan Ponpes Mamba’ul Ma’arif turut serta mengadakan kajian rutin ini setiap bulan di hari Sabtu pagi. (Humasy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *