Kalahkan 476 Peserta se-Indonesia, Siswa MAN 4 Jombang Sabet Juara 3 OLPAI

Kab. Jombang (MAN 4) – Prestasi demi prestasi terus ditorehkan MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif. Pada ajang Olimpiade Pendidikan Agama Islam (OLPAI) Tingkat Nasional 2023, MAN 4 Jombang berhasil meraih juara 3 atas nama Ahmad Nugraha (XII PK 1). Lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (HMP PAI UINSA) ini diikuti oleh 476 peserta SMA/MA seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan OLPAI tersebut melalui kompetisi yang sistematis. Di mana ada beberapa tahapan perlombaan yakni babak penyisihan dilaksanakan secara daring pada Rabu (4/10/2023), semifinal dan final dilaksanakan luring pada Rabu (25/10/2023).

Adapun babak penyisihan, peserta mengerjakan 60 soal multiple choice. Sebanyak 476 peserta yang telah mendaftar, diambil 80 besar dengan nilai tertinggi. Selanjutnya, terjaring 40 besar di babak semifinal hingga tersisa 6 orang saja untuk maju ke babak final dan memperebutkan juara 1, 2, 3, dan harapan 1, 2, 3.

Pengumuman pemenang dilaksanakan secara langsung di Gedung Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, disaksikan beberapa pejabat kampus dan perwakilan kemenag Jawa Timur. Atas prestasinya, Ahmad Nugraha membawa pulang piala, sertifikat, dan uang tunai, serta merchandise.

Aminatur Rosyidah, salah satu tim pembina olimpiade MAN 4 Jombang menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang telah diraih ananda Ahmad Nugraha. “Alhamdulillah, kita diberi anugerah bisa mengantar anak-anak meraih juara. Semoga barakah, amin”, ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa perlombaan ini memang sulit. Karena, Olimpiade Pendidikan Agama Islam di dalamnya meliputi empat mata pelajaran jenjang SMA/MA. Mata pelajaran tersebut yakni Aqidah Akhlak, Fiqih, Qur’an Hadits, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Ketika ditanya tantangan atau hambatan selama membina olimpiade, Aminatur Rosyidah mengatakan, “hambatan sepertinya tidak ada dan selama pembinaan berjalan lancar. Tantangannya adalah anak-anak harus belajar empat mata pelajaran sekaligus. Tapi mereka bisa mengatasinya dengan baik. Usaha tidak menghianati hasil,” ujarnya.

Ali Syahbana yang juga tim pembina olimpiade berharap, “semoga MAN 4 Jombang kedepannya lebih banyak menjuarai lomba di bidang PAI seperti ini,” ungkapnya. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *