Kamad MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Lepas 28 Siswa Magang

Jombang (MAN 4) – Madrasah Program Keterampilan MAN 4 Jombang mengadakan kegiatan magang bagi siswa selama 10 hari, yang dimulai pada hari Kamis (15/06/2023) hingga Minggu (25/06/2023) mendatang. Sebanyak 28 siswa peserta magang dilepas oleh Kepala MAN 4 Jombang, Muhammad Ilyas di halaman samping Gedung KH. Bisri Syansuri MAN 4 Jombang.

Dari 28 siswa peserta magang, sepuluh diantaranya merupakan siswa program multimedia yang akan magang di Java Store Denanyar dan Mascot Hasta Pada Jombang. Sembilan siswa program otomotif melaksanakan praktek magang di Faruq Otto Jaya Tunggorono, Pulo Asri Motor, dan Sukro Bengkel Denanyar. Sedangkan 9 siswi lainnya merupakan siswi program tata boga yang akan melaksanakan magang di Warna-Warni Bakery Mojosongo, Aneka Kue Kaliwungu, dan Riscookies Kebon Rojo Jombang.

Muhammad Ilyas dalam sambutan pelepasan siswa magang memberi pesan kepada para siswa dengan mengutip sebuah hadits tentang pekerjaan yang disukai Allah.

“Rasulullah pernah ditanya, ayyu amalin ahabbu ilallah, amalan atau pekerjaan apa yang disukai Allah. Jawabannya banyak. Di satu momen bilang al jihad fi sabilillah. Di satu momen birrul walidain, dan di momen lain bilang amalun rojuli biyadihi. Amal pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri. Artinya berketerampilan sendiri.” ucapnya.

Meskipun belajar di MAN 4 Jombang, lanjut Ilyas, adalah bertujuan akademis, tetapi MAN 4 Jombang melalui Madrasah Program Keterampilan juga membekali siswanya beberapa keterampilan. Antara lain keterampilan multimedia, keterampilan otomotif, dan keterampilan tata boga.

“Kita belajar di MAN 4 memang bertujuan akademis, tapi ketika keluar dari MAN, punya banyak profesi yg akan ditekuni oleh anak-anak. Tidak mungkin semua akan menjadi guru atau kiyai. mungkin ada yang akan jadi chef terkenal dari tata boga. Mungkin ada yang jadi teknisi terbaik dari otomatif, ada desainer luar biasa yang di multimedia.” tuturnya.

Ilyas juga berpesan agar para siswa menjaga diri dan lembaga dengan senantiasa berlaku baik dan disiplin.

“Kalian pada saat berangkat ke tempat magang, kalau bicara MAN 4 maka kita adalah PP. Mamba’ul Ma’arif. Maka jaga nama baik sampean semua, lembaga, dan almamater Mamba’ul Ma’arif sampean jaga. Yang sopan dengan orang-orang lain, yang disiplin. Karena kira-kira seumpama nanti seandainya diantara dari siswa di MAN 4 ini andaikata ada yang tidak melanjutkan pendidikan, kalian mempunyai kararajter yang baik Insya Allah. Dan memiliki keterampilan yang akan bermanfaat di masyarakat.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *