Kenalkan Pentingnya Ilmu Falak, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Diklat Kaderisasi Hisab Rukyat

Kab. Jombang (MAN 4) Sebanyak 90 siswa MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengikuti Diklat Kaderisasi Hisab Rukyat yang digelar oleh ekstrakurikuler Ilmu Falak MAN 4 Jombang bekerja sama dengan Pengurus Cabang Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama Jombang.

Diklat Kaderisasi Hisab Rukyat berlangsung selama 3 hari, mulai Selasa (22/11/2022) hingga Kamis (24/11/22) bertempat di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang. Lutfi Fuadi selaku Pembina ekstrakurikuler falak MAN 4 Jombang menjelaskan bahwa tahun ini adalah tahun kedua diadakannya diklat kaderisasi hisab rukyat.

“Alhamdulillah, tahun ini kita bisa mengadakan kembali diklat hisab rukyat. Ini tahun kedua kita mengadakan diklat hisab rukyat di MAN 4 Jombang”, ucap Lutfi Fuadi

Moh. Mujayun selaku Pengurus Cabang Lajnah Falakiyah Jombang menjelaskan bahwa tujuan diadakan diklat kaderisasi hisab rukyat ini untuk mempersiapkan generasi muda di bidang ilmu falak.

“Judul diklatnya adalah kaderisasi, maka tujuan kami adalah untuk menyiapkan kader-kader muda di bidang ilmu falak dan hisab.” jelasnya.

Mujayun menjelaskan bahwa Ilmu falak penting dipelajari karena erat kaitannya dengan penyempurnaan ibadah.

“Ilmu falak merupakan ilmu yang mempelajari tentang pergerakan matahari, bulan, dan bumi . Dalam beribadah, kita banyak mempergunakan ilmu falak, seperti penentuan waktu sholat dan arah kiblat. Itu semua menggunakan ilmu falak.” terang Mujayun.

Menurut Mujayun, MAN 4 Jombang adalah lembaga pendidikan yang memiliki ekstrakurikuler falakiah paling terstruktur dalam kegiatannya.

“Untuk ekstrakurikuler falak, sudah banyak lembaga pendidikan yang mengadakan, termasuk diklat falak. Tapi yang secara runtut dan lengkap materi kaderisasi sampai saat ini baru MAN 4 Jombang.” terangnya.

“Kami berharap, program ini bisa diakses oleh madrasah lain, agar ilmu falak semakin berkembang di kalangan pelajar.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *