Langganan Juara, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Kembali Raih Juara Duta GenRe Kabupaten Jombang 2023

Kab. Jombang (MAN 4) – Kabar Prestasi Kembali datang dari pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Jombang. Tahun ini MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Kembali memboyong piala juara 1 Duta GenRe dan juara favorit Duta GenRe 2023.

Sayyidatu Marsa Salsabila siswi kelas XI IIS 4 MAN 4 Jombang ini berhasil menjadi peraih juara 1 Duta GenRe 2023. Tak hanya itu, Vania Nur Fadillah (XI MIA 7) juga meraih juara favorit Duta GenRe 2023.

Marsa, sapaan akrabnya, mengaku tak menyangka dirinya terpilih menjadi juara 1 Duta GenRe. Proses seleksi digelar bertahap mulai dari seleksi berkas, seleksi tes tulis, seleksi wawancara, semifinal, karantina, hingga grand final.

“Awalnya saya minder. Apalagi saya santri. Jarang pegang HP, jarang dapat informasi. Terlebih, saingannya juga banyak dari kalangan mahasiswa.” ungkapnya.

Pendaftaran pemilihan Duta GenRe digelar pada  pertengahan Juli 2023. Lebih dari 100 peserta mendaftar dan melengkapi berkas yang diperlukan. Peserta yang lolos pada tahap pemberkasan mengikuti tes tulis pada tanggal 15 Juli 2023. Babak semifinal digelar mulai tanggal 23 Juli 2023 hingga akhirnya penentuan finalis duta GenRe pada 29 Juli 2023. Sebanyak 20 finalis putra dan putri untuk selanjutnya mengikuti karantina selama 3 hari.

“Selama 3 hari karantina, banyak tantangan yang harus dilakukan. Kami menyebutnya Three Day Challenge. Kami harus membuat video, membahas personal branding, tes bakat, tes deep sosialisasi dan deep interview, public speaking, catwalk, hingga latihan dance.” ungkap Marsa.

Dua puluh finalis Duta GenRe yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri selanjutnya memasuki babak grand final yang digelar di ruang Bung Tomo Kantor Pemkab Jombang pada Selasa (15/8/23). Turut hadir Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab.

Pada babak grand final, peserta Kembali diseleksi menjadi lima besar, dan tiga besar. Hingga akhirnya Sayyidatu Marsa Salsabila terpilih menjadi Juara 1 Duta GenRe 2023. Sedangkan Vania Nur Fadillah terpilih menjadi juara favorit Duta GenRe 2023.

Nikmaturrochmah selaku pembimbing keduanya mengaku bangga atas pencapaian anak didiknya.

“Kami sangat bersyukur atas pencapaian juara 1 pada ajang pemilihan Duta GenRe kabupaten. MAN 4 Jombang sejak 2018 sampai 2023 langganan juara. Selalu dapat juara 1 atau 2. Dan tahun ini kita juga meraih juara favorit duta GenRe. Diharapkan tahun ini bisa melaju ke tingkat provinsi.” harapnya.

Duta GenRe merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKB PPPA). Pesertanya adalah remaja yang berumur 16 hingga 22 tahun.

Duta GenRe punya peran penting untuk menjadi pendidik dan konselor bagi sebayanya untuk mengedukasi tentang TRIAD KRR (Tiga Masalah Pokok Kesehatan Reproduksi Remaja).   TRIAD KRR meliputi seksualitas (pergaulan seks bebas, kehamilan di usia anak, pernikahan dini), NAPZA, dan HIV/AIDS. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *