Lolos 3 besar Lomba SSK Jatim, Ini 3 Hal yang jadi Daya Tarik dari MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif masuk nominasi seleksi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) Nasional setelah dinyatakan lolos 3 besar Lomba SSK Jatim.

Sebelumnya, BKKBN Provinsi Jawa Timur telah menetapkan 3 sekolah tingkat SMA dan 3 sekolah tingkat SMP sebagai sekolah terbaik dalam pelaksanaan Program SSK. Tiga sekolah tingkat SMA tersebut adalah MAN 4 Jombang, SMA N 1 Kepanjen Kabupaten Malang, SMA N 7 Kota Malang. Sedangkan 3 sekolah tingkat SMP terbaik dalam program SSK adalah SMP N 10 Malang, SMP Islamiyah Widodaren Kabupaten Ngawi, dan SMP N 1 Pujer Kabupaten Bondowoso.

Ke enam sekolah tersebut akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) secara bergantian oleh BKKBN mulai tanggal 29 September hingga 11 Oktober mendatang. Monev dilakukan untuk menentukan wakil Jawa Timur dalam Lomba SSK Paripurna tingkat nasional.

SSK merupakan sekolah yang mengintegrasikan materi kependudukan keluarga berencana ke dalam mata pelajaran. Setidaknya ada tiga program unggulan SSK MAN 4 Jombang yang membuat nama MAN 4 Jombang dilirik tim penilai SSK;

MAN 4 Jombang ciptakan Lagu SSK
Rombongan tim penilai SSK dari BKKBN dibuat takjub saat memasuki madrasah dan disambut dengan paduan suara MAN 4 Jombang, Madena Vocalista Choir yang menyanyikan lagu Mars SSK MAN 4 Jombang. Lagu tersebut secara khusus diciptakan untuk program SSK. Ialah Djum’atin, Ketua SSK sekaligus pencipta lagu.

“Saya menciptakan lagu ini tahun 2021 saat Program SSK kita masuk seleksi lomba SSK Jatim. “ kata Djum’atin.

Lagu SSK tersebut sarat akan muatan isu yang diangkat oleh SSK, yakni kualitas dan jumlah penduduk, usia remaja, penduduk usia produktif, penduduk usia lanjut, serta urbanisasi dan perkembangan kota.

MAN 4 Jombang menjadi satu-satunya sekolah yang membuat lagu khusus untuk SSK sehingga memiliki poin tersendiri dalam hal inovasi.

Bahasa Arab jadi Daya Tarik Juri pilih MAN 4 Jombang jadi nominasi
Mata pelajaran Bahasa Arab yang diintegrasikan dalam program SSK langsung menarik perhatian juri.

“Kami melihat ada 2 isu Program SSK yang bisa diintegrasikan dalam mata pelajaran Bahasa Arab,” ujar Nurul Wijayanti, selaku guru Bahasa Arab MAN 4 Jombang.

Dua isu tersebut, lanjut Nurul Wijayanti, yakni kenakalan remaja dan keluarga berencana.

“Di Bahasa Arab ada materi marhalatul murohaqoh, yang berarti fase remaja. Kami bisa memasukkan materi kenakalan remaja dalam materi marhalatul murohaqoh. Juga ada materi al-‘usro yang artinya keluarga, dimana akan membahas mengenai jumlah anggota keluarga. Nah disitu kami juga bisa memasukkan materi keluarga berencana melalui teks bacaan siswa.” terang Nurul Wijayanti

MAN 4 Jombang sebagai satu-satunya madrasah yang lolos dalam lomba SSK dinilai unik. Keunikan tersebut dilihat dari bagaimana mata pelajaran khas madrasah, yakni Bahasa Arab bisa mengambil sela dan masuk dalam program kependudukan.

Siswa Terjun langsung dalam Kegiatan Kependudukan
Para siswa MAN 4 Jombang diterjunkan langsung dalam kegiatan kependudukan di sekitar madrasah, seperti mencari data Keluarga Berencana dan pasangan usia subur.

“Anak-anak datang ke Kecamatan Gudo, mencari data kependudukan disana, bertemu dengan Camat Gudo. Itu merupakan sesuai yang beda bagi anak-anak, karena langsung terjun ke masyarakat.’ terang ketua Program SSK MAN 4, Djum’atin.

“Sebagai contoh, anak-anak kemarin melakukan penelitian terhadap pasangan usia subur antara umur 14-40 tahun. Mereka mencari tahu, kebanyakan mereka memakai KB apa. Kemudian dibantu guru, didapat jawaban memakai KB suntik. Lalu alasannya kenapa pakai KB suntik karena simpel.” lanjutnya.

Kegiatan siswa terjun langsung dalam masalah kependudukan menjadi nilai tambah dari program SSK MAN 4 Jombang. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *