MAN 4 Jombang Gelar Diklat Jurnalistik dan Kunjungan Pembelajaran ke TVRI dan Jawa Pos

Kab. Jombang (MAN 4) – Ekstrakurikuler jurnalistik MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengadakan diklat jurnalistik dan kunjungan pembelajaran ke TVRI dan Jawa Pos pada Rabu (22/2/2023) hingga Kamis (23/2/2023).

Diklat jurnalistik diadakan di Gedung Pusat pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang pada Rabu (22/2/2023). Sebagai pemateri, Man 4 Jombang menggandeng Jawa Pos Radar Jombang dan Penerbit Literasi Nusantara dari Malang. Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari tim jurnalistik dan perwakilan ekstrakurikuler MAN 4 jombang mengikuti diklat.

General Manager (GM) Jawa Pos Radar Jombang, Sulton Arif saat mengisi materi berharap diklat jurnalistik ini bisa meningkatkan literasi siswa.

“Karena membaca dapat menambah wawasan dan memperbaiki gaya tulisan.” ucapnya.

Materi yang disampaikan dalam diklat jurnalistik meliputi pengantar jurnalistik dan motivasi kepenulisan, teknik dan praktik reportase, hingga teknik desain dan layout.

Selanjutnya, pada Kamis (23/2/2023), Sebanyak 50 siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik melaksanakan kunjungan pembelajaran ke TVRI dan Jawa Pos di surabaya.

Pembina Jurnalistik putri MAN 4 Jombang, Aulia Rohmah mengemukakan tujuan diadakannya kunjungan pembelajaran ini adalah agar para siswa mengetahui secara langsung proses pembuatan media, baik media cetak maupun elektronik.

“Untuk memperluas wawasan tentang dunia jurnalistik baik secara teoritis maupun praktis, mengembangkan wawasan broadcasting, dan tentunya menghasilkan tim jurnalistik yang siap berkhidmat untuk MAN 4 Jombang.” terangnya.

Rombongan MAN 4 Jombang saat berkunjung di Kantor TVRI Surabaya

Rombongan siswa dan pembina jurnalistik MAN 4 Jombang tiba di kantor TVRI Jawa Timur sekitar pukul 10.00 WIB dan disambut langsung oleh manager program TVRI, marketing kunjungan, dan beberapa kru TVRI. Para siswa terlihat antusias saat memasuki studio TVRI.

“Mereka (siswa) antusias sekali. Banyak sekali pertanyaan saat observasi.  Kebetulan hari ini TVRI adakan acara panggung hiburan, jadi mereka bisa melihat ke studio-studionya.” ucap Mohammad Roy Amrulloh, pembina ekstra jurnalistik putra MAN 4 jombang.

Kunjungan pembelajaran kedua ke kantor Jawa Pos. Rombongan tiba sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut oleh Fa’al Fadria dan Juneka Subaihul Mufid selaku asisten redaktur Jawa Pos. Dalam kesempatan itu, Juneka menyampaikan banyak hal terkait proses pengolahan berita. Mulai dari wawancara, proses penulisan berita, pemilihan berita oleh redaktur, proses editing, layouting, hingga proses pencetakan. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *