MAN 4 Jombang Gelar Workshop Kajian Kitab Risalatul Mahid: Petunjuk Ibadah bagi Perempuan

Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif mengadakan workshop kajian Kitab Risalatul Mahid bagi seluruh siswi putri MAN 4 Jombang di Ruang Keagamaan lantai 3 Gedung KH. Bisri Syansuri MAN 4 Jombang pada Sabtu, 24 Juni 2023.Kitab Risalatul Mahid merupakan kitab karangan ulama’ Demak bernama KH. Masruhan yang berisi tentang fiqih perempuan.

Materi disampaikan oleh pengajar madrasah diniyah PP. Mamba’ul Ma’arif, Mahmudah. Dalam penjelasannya, Mahmudah menyebut tujuan mempelajari Kitab Risalatul Mahid adalah untuk mengetahui ilmu yang berhubungan dengan ibadah sehari-hari.

“Sebenarnya kalau masalah haid ini sangat penting khususnya untuk perempuan karena berhubuingan dengan masalah ibadah kita sehari-hari.” ucap Mahmudah.

Workshop Kajian Kitab Risalatul Mahid dimulai pada pukul 07.30 WIB. Acara dibuka oleh Ustadz Syifa’us Surur selaku panitia.

Man salaka thariiqan yaltamisu fiihi ilman sahhalallohu thoriiqon ilal jannah, barang siapa menempuhjalan untuk menimba ilmu, sahhalallohu thoriiqon ilal jannah, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” ungkap Syifa’ dalam sambutannya.

Ia pun menjelaskan bahwa kajian kitab ini dikhususkan untuk siswi karena khusus perempuan, dalam menjalankan ibadah, erat kaitannya dengan Kitab Risalatul Mahid.

Tema yang diangkat Risalatul Mahid,yaitu mengenai haid dan istihadoh seorang perempuan. Menurut Mahmudah, Kitab Risalatul Mahid merupakan pondasi wanita untuk beribadah. Workshop dibagi menjadi 2 sesi, yang pertama pembahasan tentang bab haid dan juga tanya jawab. Sedangkan sesi kedua membahas tentang  istihadhoh.

Sementara itu, Muhammad Makin selaku waka kesiswaan mengungkapkan, kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswi tentang fiqih wanita

“Dengan workshop kajian kitab risalatul mahid ini, kami berharap  siswi MAN 4 jombang lebih memahami tentang fiqih wanita, seg=hingga bisa melaksanakan amal sesuai dengan syari’at Islam.” tandasnya. (Lala-Jurnalistik MAN 4 Jombang)

 

Editor: (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *