MAN 4 Jombang Madrasah yang Moderat

Salam moderasi……………..

Hallo teman teman semua, selamat datang di Wekiraga. Sebelumnya kalian pasti penasaran kan apa sih Wekiraga itu? Jadi Simak artikel ini yaa biar kita semua bisa menambah wawasan dan belajar bersama mengenai moderasi beragama.

Nah Wekiraga sendiri merupakan singkatan dari “web kita wujudkan moderasi beragama”. Yang mana nantinya menu ini akan difokuskan pada segala hal yang berbau moderasi beragama. Mengapa dalam penamaannya saya menggunakan kata kita ? karena dalam perkembangannya menu ini tidak hanya diisi oleh saya saja akan tetapi kalian semua juga bisa ikut berkontribusi dan menuangkan pemikiran dari sudut pandang kalian mengenai moderasi beragama. Sehingga harapan kedepannya kita bisa memahami makna moderasi beragama dari berbagai sudut pandang.

Selain itu Wekiraga juga menjadi salah satu bentuk aksi saya dalam ajang inisiator muda moderasi beragama yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Sehingga kedepannya setiap kegiatan aksi perubahan saya, akan dimuat dalam Wekiraga ini. Akan tetapi, di sini tidak hanya membahas mengenai kegiatan aksi saya saja loh. Berbagai informasi terkini mengenai moderasi beragama juga akan dimuat dalam satu menu ini. Sehingga teman-teman semua bisa update terus mengenai berbagai problematika yang kini sedang marak di luar sana.

Karena pada kenyataannya kita hidup dalam lingkup keberagaman. Menilik dari keberagaman yang bangsa kita miliki yakni keberagaman Bahasa, suku, ras, budaya bahkan agama. Yang mana keberagaman itu pasti menghasilkan pola pikir hingga pemahaman yang berbeda sehingga tidak dapat dipungkiri perbedaan itu juga bisa menghasilkan suatu konflik jika tidak ditangani dengan baik. Padahal kita punya satu semboyan yang sama dan kita junjung tinggi yakni Bhineka Tunggal Ika. Maka kita tak hanya butuh hafal dalam semboyan itu. Kita juga wajib memahami maknanya serta mengaplikasikannya dalam kehidupan kita sehari hari.

Begitupun apa yang nantinya akan kita bahas dalam menu ini. Betul, mengenai moderasi beragama yang mana kita akan sering menemukan kata toleransi, mencegah radikalisme, menghargai perbedaan, hingga bagaimana kita sebagai salah satu warga negara yang terkenal multikulturalnya harus menjadi orang yang moderat. tapi teman teman tidak perlu pusing dahulu karena kita akan membahasnya dengan Bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami. Jadi jangan lupa untuk update terus ya teman teman. Sampai bertemu di artikel berikutnya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *