MAN 4 Jombang melaksanakan Diklat Lesson Study berkerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan(BDK)

Denanyar – MAN 4 Jombang melaksanakan Diklat Lesson study  bekerjasama dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya  Diklat Lesson Study Bagi Guru di lingkungan Kementerian Agama yang bertempat di Aula  MAN 4 Jombang, pada (6/12). Diklat berlangsung selama 6 hari, dimulai tanggal 06 – 11 Desember 2021.

 

Peserta Diklat merupakan PNS Guru dari Madrasah Aliyah (MA) dilingkungan Kemenag Kab. Jombang. Total peserta berjumlah 40 orang yang sebelumnya telah didaftarkan.

 

Jadi yang dimaksud diadakan Diklat ini ada mengetahui tentang belajar salah satu proses dalam kehidupan. Termasuk belajar dalam hal menjadi pengajar. Dalam rangka meningkatkan peserta didik yang berkualitas, tentu dibutuhkan pendidik yang dalam hal ini disebut guru yang berkualitas pula. Untuk itu diperlukan suatu forum guru dalam proses peningkatan pembelajaran.

MAN 4 bekerja sama dengan Balai Diklat Keagamaan Surabaya, melaksanakan pelatihan dengan tema “Lesson Study” (LS) yang merupakan forum guru yang diadopsi dari proses pembelajaran di Jepang. Selama 6 hari pelatihan yang dilaksanakan adapun pembicara profesional sesuai bidangnya, diantaranya Dr. H. Datmani, M.A dan Dr. H. Solikin, M.Ed yang membahas terkait Konsep Leson Study secara umum, Bapak Darmani dengan materi DO atau pelaksanaan LS  dan Bapak Shodiq dengan materi SEE beserta pembuatan laporan.

Lesson study memiliki tiga tahapan yang terdiri dari: (1) PLAN : perencanaan yang akan dipersiapkan dalam pembelajaran (2) DO : pelaksanakan dan (3) SEE : refleksi proses pelaksanaan lesson study, termasuk pembuatan laporan tertulis. Dalam hal ini guru terdiri dari 1 orang sebagai guru model dan guru lain menjadi guru observer. Fokus Lesson studi adalah pengamatan proses kegiatan/ aktifitas yang dilakukan siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan siswa dengan materi ajar, bukan untuk mengoreksi guru model.

Syamsul Ma’arif selaku kepala Madrasah(kamad) Menyampaikan “Ucapan terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan ini dengan sangat baik, penuh semangat, dan antusias. Ucapan terima kasih juga kepada pemateri yang sudah memberikan ilmu, mengerahkan tenaga dan waktu untuk peserta yang telah meluangkan waktu hampir 8  jam dalam sehari dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta, dan telah berusaha sekuat tenaga agar peserta selalu terkoneksi, semoga menjadi amal jariyah”.

 

Kamad juga menambakan “Pelatihan Lesson Study ini sangat diperlukan bagi Guru Madrasah sebagai bentuk peningkatan pengetahuan, keterampilan, keahlian Guru Madrasah dengan keadaan dan kondisi perubahan dunia pendidikan saat ini. Guru Madrasah dituntut melakukan perubahan ke arah yang lebih baik terutama dalam hal sikap dan perilaku siswa didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran di lingkungan Madrasah”.

 

roy amrullah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *