MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’aarif Gelar Workshop Ilmu Faroid/Mawaris Bagi Siswa

Jombang (MAN 4) – Man 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif menggelar workshop Ilmu Faroid/Mawaris bagi seluruh siswa putra. Bertempat di Gedung KH. Bisri Syansuri, workshop ini digelar selama dua hari mulai Sabtu, 24 Juni 2023 hingga Minggu, 25 juni 2023.

Workshop Ilmu Faroid/Mawaris disampaikan oleh Muhammad Azrul Ubab selaku pengajar Madrasah Muallimin Muallimat 6 Tahun Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang.

Muhammad Makin selaku wakil kepala bagian kesiswaan dalam sambutan pembukaan workshop mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya workshop ini adalah agar siswa melakukan amal perbuatan berdasarkan ilmunya.

“Suatu amal itu kalau dilaksanakan berdasarkan ilmunya akan membawa keselamatan dan keberkahan di dunia sampai di akhirat. Niatnya adalah membekali suatu urusan berdasarkan ilmu. Kan mawaris ini rumit, dan harus dipelajari.” ucapnya.

Waris, lanjut Makin, merupakan persoalan rentan di masyarakat yang kerap kali menimbulkan konflik, terutama konflik dalam keluarga.

“Waris bisa menjadikan konflik di dalam keluarga karena ketidaktahuan. kalau tahu ilmu dan tuntunannya, ada yg bisa dijadikan rujukan. Kalau tahu dasarnya, bisa sesuai syari’at. Kalo ga tau dasarnya akan ada perbedaan pandang. Karena ketidaktahuan bisa menuntun kita dalam kekeliruan. terangnya.

Sementara itu, Ahmad khoiruzziman selaku peserta workshop mengungkapkan bahwa workshop ilmu faroid berlangsung seru dan menyenangkan.

“Medianya bagus, pakai layar sentuh, jadi hitung-hitungannya jelas. Kita jadi paham betul bagaimana cara menghitung warisan. Intinya memang workshop ini penting sekali, dan ustadz Azrul menyampaikannya menarik, tidak membuat kita bosan. Apalagi media yang digunakan juga bagus.” ungkapnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *