MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Ajarkan Personal Branding Santri Lewat Talkshow Education

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif bersama Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum sukses menggelar Talkshow Education dengan tema Personal Branding Santri, Senin (12/2/2024). Acara yang berlangsung pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB tersebut menghadirkan Nur Ulwiyah sebagai narasumber. Berlokasi di Gedung K.H. Hasyim Asy’ari, talkshow education ini melibatkan semua siswa kelas XII.

Dalam pemaparannya, Nur Ulwiyah menjelaskan definisi Personal Branding, “Personal Branding itu sesuatu yang no fake, tidak palsu. Personal Branding adalah sebuah proses terus-menerus yang progresif, bukan pertunjukan sesaat dan instan,” jelas Ulwiyah yang juga Dosen FAI dan Pascasarjana Unipdu Jombang.

How to Personal Branding? Ada 3 yaitu pertama, orisinalitas. Apa titik beda kalian dari orang lain? Jawab dengan analisis SWOT, plus tambahkan pertanyaan bagaimana jika?. Kedua, hasilkan karya dan konsisten dengan menyadari kelebihan, berani mengeksekusi gagasan, jangan tunda dan menunggu. Ketiga, be an expert and show it. Kalian harus punya kemampuan, dapat momentum, dan menciptakan kesempatan,“ terangnya.

Ulwiyah menambahkan, unsur utama personal branding adalah nilai hidup (value), kemampuan atau keterampilan (skill atau competence), dan perilaku (behavior).

“Unsur utama personal branding adalah pertama nilai hidup (value). Kedua, kemampuan atau keterampilan (skill atau competence) yaitu segala sesuatu yang menjadi jembatan bagi orang lain untuk melihat kita. Bisa berupa produk, jasa, barang, tulisan, komen, konten, ide atau gagasan, pikiran, buku, tapi juga harus berkualitas. Maksudnya harus orisinil, unik, khas, ajeg, dan istiqamah. Ketiga, perilaku (behavior),” ujarnya dalam pemaparan materi.

Acara ini sukses besar dalam memberikan wawasan dan motivasi kepada siswa kelas XII MAN 4 Jombang memperkuat personal branding. Diharapkan peserta akan menerapkan pengetahuan yang didapat untuk mencapai kesuksesan dalam karier dan kehidupan. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *