MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Borong Juara di Procommit V12 ITS Surabaya

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar memborong kejuaraan dalam Prodistik Competition in Information and Technology (Procommit) tahun 2022 di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Sabtu (26/11/22). Dari 7 kategori lomba yang diikuti, MAN 4 jombang berhasil menjuarai 4 kategori.

Delegasi MAN 4 Jombang meraih Juara I Video Animasi Pembelajaran, Juara Harapan I Desain Poster Bisnis, Juara Best Fuctional Pemrograman GIM, dan Juara Honorable Mention Desain Poster Bisnis.

“Alhamdulillah, perjuangan panjang kita tidak sia-sia.” ucap Mauidhotul Hasanah selaku pembimbing Prodistik MAN 4 Jombang.

Idho’ (panggilan akrabnya, red) menjelaskan, para siswa yang mengikuti perlombaan Procommit telah mulai mempersiapkan lomba sejak 2 bulan yang lalu.

“Kita mulai dari tanggal 26 September. Pertama kita workshop, pengerjaan project lomba, upload project, babak penyisihan, hingga akhirnya siswa kita lolos ke final, dan kemarin itu final di ITS.” terang Idho’.

Sebanyak 12 siswa dari 5 kategori lomba yang lolos final mengikuti tahap final di ITS. Di setiap cabang lomba, para siswa diberi soal dan tantangan project baru yang harus diselesaikan dalam waktu dua jam.

“Selesai membuat project, mereka kembali digiring ke satu ruangan untuk menunggu penjurian dan pengumuman pemenang.” terang Idho’.

Suasana tegang begitu terasa saat seluruh peserta menunggu proses penilaian. Hingga akhirnya, diumumkan para pemenang lomba dan MAN 4 Jombang memborong 4 piala sekaligus.

“Alhamdulillah. Tahun ini kita memperoleh juara lagi. Harapannya, para siswa MAN 4 Jombang tetap semangat dalam berkarya sesuai perkembangan teknologi. Tetap ingat, bahwa segala usaha itu butuh proses untuk belajar. Selain usaha, juga ada doa-doa yang dipanjatkan.’ pesannya.

Idho’ juga berharap, dengan pengalaman ini, para siswa dapat mengetahui passion dan skill yang dimiliki untuk bekal di masa depan, sehingga bisa bermanfaat untuk sekitarnya.

Procommit merupakan lomba yang diadakan oleh Program Pendidikan Terapan dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) ITS. Melalui Prodistik, ITS bekerja sama dengan sekolah-sekolah menengah atas (SMA/MA) untuk membekali siswa dalam pelatihan terapan TIK. MAN 4 Jombang telah menjalankan program Prodistik ITS sejak 2014 dan telah banyak meluluskan siswa dengan kemampuan khusus dalam keterampilan TIK terapan. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *