MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gandeng Polres Jombang, Tingkatkan Kesadaran Tertib Lalu Lintas dan Cegah Bullying

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang bersama Polres Jombang menggelar sosialisasi tertib lalu lintas dan cegah bullying, Ahad (10/3/2024). Acara yang bertempat di Gedung K.H. Hasyim Asy’ari tersebut diikui oleh semua pendidik dan peserta didik MAN 4 Jombang.

Kapolres Jombang AKBP Eko Bagus Riyadi melalui IPDA M. Ubaidillah, BRIPKA Amak Pradita, dan BRIPKA Aang Heru menyampaikan beberapa hal terkait tertib berlalu lintas serta pencegahan bullying.

“Kalian harus memperhatikan tertib lalu lintas, seperti wajib membawa kelengkapan surat berkendaraan bermotor (SIM dan STNK), memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu dan marka jalan yang ada, kecepatan maksimal 40 km/jam, memakai helm, lengkapi spion, dan jangan memakai knalpot brong,” jelas Bripka Amak.

Dirinya juga menjelaskan perihal hukuman bagi pelanggar tertib lalu lintas, “Setiap pengemudi yang melanggar rambu lalu lintas dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000  sesuai dengan Pasal 287 ayat 1,” Ujarnya.

Dilanjutkan dengan pencegahan bullying di madrasah, Bripka Aang juga menjelaskan pengertian bullying.

“Bullying adalah perilaku agresif yang berulang, disengaja, dan memiliki tujuan untuk menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara emosional, fisik, atau mental. Tindakan bullying bisa terjadi di sekolah, tempat kerja, lingkungan online (cyberbullying), atau di tempat umum,” jelasnya.

Aang juga menambahkan bahwa pelaku bullying akan mendapat hukuman yang berat, “Pasal hukum bullying juga diatur dalam UU tentang perlindungan anak tersebut. Dalam pasal 80 disebutkan, ancaman pidana untuk pelaku bullying, sebagaimana dijelaskan dalam Pasal 27C, adalah penjara paling lama 3 tahun 6 bulan dan/atau denda paling banyak Rp72 juta,” pungkasnya.

Dalam sambutan Kepala MAN 4 Jombang Moh. Ilyas menyampaikan terimakasih atas kerjasama dengan Polres Jombang.

“Terimakasih dari kepolisian telah bekerjasama dan menyempatkan waktu untuk sama-sama memperbaiki pendidikan di MAN 4 Jombang. Semoga jauh lebih baik kedepannya dan kolaborasi ini tetap terjalin,” ungkapnya. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *