MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Kegiatan Donor Darah Rutin Dua Kali Setahun

Kab. Jombang (MAN 4) – PMR MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Jombang menggelar kegiatan donor darah pada Rabu (20/09/23).

Bertempat di Gedung KH. Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang, kegiatan donor darah berlangsung selama 3 jam mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB. Pembagian waktu diberlakukan bagi pendonor putra dan putri. Bagi pendonor putra, kegiatan donor darah dilakukan mulai pukul 09.00-10.30. Sedangkan pendonor putri mulai pukul 10.30-12.00 WIB.

”Kami sengaja membagi waktu antara pendonor putra dan putri karena kami tetap memprioritaskan unsur kepesantrenan” ujar petugas medis MAN 4 Jombang, Maria Ulfa, A.Md.Keb.

Para siswa dan guru MAN 4 Jombang terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Terbukti dengan jumlah pendaftar yang mencapai 122.

“Alhamdulillah banyak yang daftar. Meskipun tidak semua lolos skrining ya. Karena sebelum donor darah harus diperiksa dulu, berat badan, tekanan darah, dan hemoglobinnya. Yang memenuhi standar baru bisa diambil darahnya.” terang Ulfa.

Lebih lanjut, Maria Ulfa mengungkapkan bahwa pendaftar yang lolos skrining berjumlah 77.

“Peserta yaang berhasil mendonor ada 77. Rinciannya, golongan darah A 15, golongan darah B 20, golongan darah O 31.” ungkap Ulfa.

Kegiatan donor darah, lanjut Ulfa, merupakan kegiatn rutin yang dilakukan MAN 4 Jombang.

“Donor darah sudah rutin kami lakukan. Setahun dua kali. Antara bulan Februari-Maret dan September-Oktober.” terangnya.

Menurutnya, kegiatan donor darah penting dilakukan, terutama di kalangan pelajar.

“Setidaknya ada dua alasan penting kenapa diadakan kegiatan donor darah di madrasah. Yang pertama, untuk mengedukasi dan menumbuhkan jiwa kemanusiaan siswa. Yang kedua tentu untuk menjaga kesehatan.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *