MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Kembali Gelar Kegiatan Donor Darah

Jombang (MAN 4) – Man 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif kembali menggelar kegiatan donor darah bagi seluruh civitas academica pada Selasa, 21 Februari 2023. Bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Jombang, kegiatan donor darah dilaksanakan di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang.

“Kegiatan donor darah sudah rutin kami lakukan. Setahun dua kali. Terhitung pandemi aja libur.” ungkap Izzatul Latifah selaku pembina ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) MAN 4 Jombang.

Sebelumnya, MAN 4 Jombang juga telah menggelar kegiatan donor darah pada 1 Oktober 2022 silam. Saat itu, jumlah pendaftar donor darah dari kalangan siswa dan guru mencapai 113 peserta. Meski pada akhirnya hanya 37 orang yang dinyatakan lolos skrining dan bisa menjadi pendonor.

“Alhamdulillah kali ini banyak yang lolos skrining. Ada 70 peserta yang lolos dan bisa mendonorkan darahnya. Kalau yang daftar seluruhnya ada 93.” ungkap Izza.

Izza menjelaskan, bahwa pendonor harus memenuhi kriteria medis tertentu untuk bisa lolos skrining. Mulai dari usia minimal 17 tahun,  berat badan minimal 45 kg, tekanan darah 180/100 – 100/50, hingga kadar hemoglobin minimal 12,5 g/dL.

“Selain itu pendonor juga harus sehat jasmani dan rohani. tidak sedang haid, hamil, dan menyusui.” lanjut Izza.

Diakui Izza, banyaknya jumlah pendonor membuat panitia donor darah harus menolak beberapa pendaftar.

“Siswa-siswi sangat antusias sekali. Sedangkan kantong darahnya terbatas. Jadi panitia menolak beberapa guru (yang daftar) seperti Pak fikri Ambary, Ning irfa, dan beberapa anak lainnya.” tuturnya.

Kegiatan donor berlangsung selama empat jam, dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB. Pembagian waktu diberlakukan bagi pendonor putra dan putri. Bagi pendonor putra, kegiatan donor darah dilaksanakan pada pukul 08.00-10.00. sedangkan pendonor putri pada pukul 10.00-12.00 WIB. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *