MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Menjadi Tuan Rumah Studi Tiru MTsN 7 Kediri

MAN 4 Jombang PP. Mamba'ul Ma'arif Menjadi Tuan Rumah Studi Tiru MTsN 7 Kediri

Kab. Jombang (MAN 4) – Rombongan MTsN 7 Kediri yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Abas Shofwan, beserta guru dan siswa tiba di MAN 4 Jombang, Selasa (16/01/2024). Bertempat di Gedung KH. Hasyim Asy’ari Denanyar, kedatangan MTsN 7 Kediri tersebut bertujuan untuk melaksanakan studi tiru MANPK MAN 4 Jombang.

Acara diawali dengan penayangan video profil MANPK MAN 4 Jombang. Sebanyak 123 siswa-siswi dan 20 pendidik menyimak dengan antusias. Hanya ada 11 MANPK yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya MANPK MAN 4 Jombang. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa-siswi MTsN 7 Kediri mengingat MANPK MAN 4 Jombang merupakan program unggulan Kementerian Agama yang ada di Jawa Timur.

Selanjutnya, Kepala MAN 4 Jombang, Moh. Ilyas menyambut dengan hangat dan berharap siswa-siswi MTsN 7 Kediri nantinya dapat menimba ilmu di MANPK MAN 4 Denanyar Jombang.

“Sekali lagi kami ucapkan, ahlan wa sahlan bi hudurikum. Selamat datang bapak ibu guru dan peserta didik dari MTsN 7 Kediri. Semoga setelah mendengarkan dan mengenal lebih jauh MAN 4 Jombang secara umum dan MANPK secara khusus bisa tertarik untuk menimba ilmu di sini”, kata Moh. Ilyas.

Moh. ilyas juga menambahkan bahwa untuk dapat masuk ke MANPK, harus melalui seleksi nasional dan hanya diambil 24 siswa dan 24 siswi. Apabila calon peserta didik tidak lulus, maka dapat mendaftar program reguler MAN 4 Jombang.

“Masuk MANPK ini melalui seleksi nasional. Pesertanya ratusan dari seluruh Indonesia dan hanya diambil nilai tertinggi 48 anak yakni 24 putra dan 24 putri. Namun, apabila tidak lulus seleksi MANPK, kalian bisa masuk ke program reguler MAN 4 Jombang’, imbuhnya.

Sementara itu, Abas Shofwan selaku Kepala MTsN 7 Kediri juga menyampaikan bahwa yang mengikuti studi tiru ini merupakan siswa-siswi program unggulan dan ingin menggali informasi terkait MANPK MAN 4 Jombang.

“Siswa-siswi kami dari MTsN 7 Kediri ini berasal dari kelas unggulan yang ingin menggali informasi dan mengenal lebih lanjut MANPK MAN 4 Jombang”, jelas Abas.

Abas juga berharap nantinya siswa-siswi MTsN 7 Kediri bisa bergabung dan masuk menjadi keluarga besar MANPK MAN 4 Jombang. Dirinya mengatakan bahwa agenda studi tiru ini adalah agenda tahunan di mana siswa-siswi program unggulan diajak mengunjungi madrasah yang kualitasnya lebih baik.

“Kami berharap, siswa-siswi kami nanti bisa bergabung dan masuk menjadi keluarga besar MANPK MAN 4 Jombang. Studi tiru ini setiap tahun kita lakukan dengan mengunjungi madrasah yang memiliki kualitas lebih. Sehingga nantinya mereka dapat melanjutkan dan mengembangkan diri lebih baik lagi”, pungkasnya.

MANPK MAN 4 Jombang merupakan satu-satunya MANPK di Jawa Timur yang berada di lingkungan pondok pesantren tepatnya di Yayasan Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Sebelumnya, MANPK juga menjadi tuan rumah studi tiru beberapa lembaga yang ingin menggali informasi terkait program kurikulum, kegiatan siswa, dan fasilitas unggulan MAN 4 Jombang.(hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *