MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Raih Tiga Medali dalam Kompetisi Fisika Tingkat Kabupaten

Jombang (MAN 4) – Tim olimpiade fisika Man 4 Jombang berhasil meraih 3 medali dalam Physics Competition (Sphagetti Challenger, Roket air, dan Kompetisi Fisika) pada Selasa, 28 februari 2023. Kompetisi fisika yang digelar di MAN 4 Jombang ini diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MA Fisika Kabupaten Jombang. Sebanyak 208 siswa dari MA Kabupaten Jombang mengikuti kompetisi ini. 

Pada perlombaan, MAN 4 Jombang mendapatkan medali emas kompetisi roket air yang dimenangkan oleh Davin Do Reyhannanda Mustafa (X MIA 3) dan Daris Adnan Falih (X MIA 3). Medali perak kompetisi fisik kelas XII dimenangkan oleh Sakhira Nailal Irhas (XII MIA 5), dan medali perak kompetisi fisika kelas XI oleh Julia ‘Aini Salsabila (XI MIA 5).

Terdapat tiga jenis lomba dalam kompetisi ini. Pertama, sphagetti challenger dimana peserta yang terdiri dari dua siswa diminta untuk membangun sebuah menara dengan menggunakan spageti. Tujuannya untuk menguji keseimbangan dan kekokohan bangunan. 

Kedua, roket air, peserta yang terdiri dari dua siswa diminta untuk membuat roket yang bisa meluncur dengan menggunakan air. Pembuatan roket air bertujuan untuk mengetahui teknologi daya dorong dan impuls.

“Roket air ini sudah dilombakan sampai tingkat nasional.” ujar Nikmaturrohmah selaku panitia kompetisi fisika, sekaligus guru fisika MAN 4 Jombang.

Nikmah menjelaskan bahwa melalui roket air, siswa bisa mengetahui daya luncur sebuah roket.

“Peserta harus mengetahui perbandingan air dan daya dorong yang pas agar roket bisa meluncur jauh.” terangnya.

Ketiga adalah kompetisi fisika. Kompetisi fisika ini dikhususkan untuk siswa kelas XI dan XII. 

Selanjutnya, Nikmah mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian siswa dalam kompetisi fisika ini. Selain itu Ia juga menjelaskan bahwa kompetisi fisika semacam ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas siswa.

“Alhamdulillah dngan kompetensi ini anak-anak yang berbakat dalam fisika akhirnya bisa dipetakan. Bisa untuk persiapan KSM dan OSN.” ungkapnya.

Pihaknya juga harapan para siswa dapat berprestasi di tingkat provinsi hingga tingkat nasional. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *