MAN PK MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Tes Wawancara Jalur Prestasi

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN Program Keagamaan (MAN PK) MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengadakan tes wawancara jalur prestasi pada Rabu, 15 Februari 2023.

Sebanyak 14 siswa SMP/MTs  yang telah lolos seleksi administrasi mengikuti tes wawancara di ruang keagamaan lantai 3 gedung pusat pelayanan terpadu MAN 4 Jombang. Materi wawancara meliputi moderasi beragama, baca tulis Alquran, baca kitab, tingkat motivasi belajar, dan kecakapan bahasa arab dan inggris.

Peserta tes wawancara jalur prestasi merupakan siswa pilihan dengan kualifikasi memiliki prestasi akademik (juara 1,2,3) tingkat provinsi atau prestasi hafalan Alquran minimal 15 juz.

“Alhamdulillah tahun ini jumlah pendaftar jalur prestasi MAN PK MAN 4 Jombang mengalami kenaikan. Tahun 2022 kemarin jumlah peserta jalur prestasi 4 siswa. Sedangkan tahun ini 17 siswa.” terang Syifaus Surur selaku ketua panitia Seleksi Nasional Peserta Didik idik Baru (SNPDB).

Sesuai dengan petunjuk teknis pendaftaran MAN PK, kuota penerimaan peserta jalur prestasi dibatasi 20% dari 48 kuota yang tersedia. Sehingga, dari 14 siswa yang mengikuti tes wawancara, jika memenuhi kriteria akan diterima 10 siswa melalui jalur prestasi.

“Jalur prestasi ini tidak ada tes CBT seperti jalur tes. Hanya ada tes wawancara. Melalui wawancara ini, kami ingin membuktikan apakah berkas yang diupload ini sesuai dengan kemampuannya. Misal yang menyatakan tahfidz, akan dites kemampuan hafalannya.” terangnya.

Syifa’ pun menuturkan para peserta jalur prestasi yang gagal, bisa mengikuti jalur tes yang akan diadakan pada tanggal 25-26 Februari 2023.

Secara keseluruhan, jumlah pendaftar MAN PK MAN 4 Jombang mengalami peningkatan. Tercatat sebanyak 228 peserta telah mendaftar hingga berita ini diterbitkan. Sedangkan tahun lalu jumlah pendaftar MAN PK sebanyak 209 peserta. Adapun kuota siswa MAN PK MAN 4 Jombang hanya tersedia 48 siswa dengan rincian 24 siswa putra dan 24 siswi putri.

“Alhamdulillah secara keseluruhan jumlah pendaftar meningkat. Sebanyak 228 peserta telah melengkapi administrasi. Masih ada 8 peserta lagi yang berkasnya belum lengkap.” terang Syifa’.

MAN PK merupakan program peminatan unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama yang menjadi bagian dari MAN reguler yang sudah ada. Terdapat 10 MAN PK di Indonesia. MAN PK MAN 4 Jombang merupakan satu-satunya MAN PK yang berada dalam naungan pondok pesantren.

Siswa yang diterima di MAN PK akan mendapat beasiswa sebesar 700.000 perbulan sampai lulus. Seleksi siswa MAN PK bersifat nasional. Terdapat dua jalur pendaftaran, yaitu jalur prestasi dan jalur tes.  jalur tes meliputi tes tulis menggunakan komputer/computer based tes (CBT) dan tes wawancara. Sedangkan jalur prestasi merupakan jalur non tes bagi peserta yang memiliki prestasi akademik maupun prestasi hafalan Alquran minimal 15 juz. (hiy)

2 Replies to “MAN PK MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Tes Wawancara Jalur Prestasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *