Masuk Nominasi Lomba SSK Tingkat Nasional, BKKBN Jatim Adakan Monev Ke MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP.Mamba’ul Ma’arif Denanyar menerima kunjungan sekaligus monitoring dan evaluasi (monev) Lomba Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dari BKKBN Jawa Timur pada Sabtu, 1/10/22. Kegiatan ini dalam rangka seleksi peserta lomba SSK tingkat nasional.

“Alhamdulillah, MAN 4 Jombang berhasil masuk nominasi peserta SSK yang akan mewakili Jatim dalam lomba SSK tingkat nasional. Jadi hari ini dilakukan penilaian oleh tim SSK dari BKKBN Jatim untuk menentukan perwakilan Jatim di tingkat nasional.” terang Ketua Program SSK MAN 4 Jombang, Djumatin.

Monev ini dihadiri langsung oleh tim penilai dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur. Turut hadir, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Arif Hidayatullah, selaku perwakilan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jombang.

Koordinator bidang pengendalian penduduk BKKBN Jatim sekaligus tim penilai lomba SSK, Uni Hidayati mengungkapkan bahwa MAN 4 Jombang memiliki beberapa inovasi baru yang belum terdata di SSK.

“Setelah mengunjungi lapangan, ternyata banyak inovasi baru yang belum terdata sebelumnya. Menurut saya inovasi-inovasi ini harus didata, agar menjadi nilai tambahan.” saran Uni.

Uni juga berharap, MAN 4 Jombang dapat menjadi wakil Jawa Timur dalam Lomba SSK Paripurna Tingkat Nasional.

“Semoga SSK MAN 4 Jombang dapat mewakili Provinsi Jawa Timur dalam Lomba SSK Paripurna Tingkat Nasional, dan menjadi sekolah Islam pertama yang berhasil mengikuti event.” pungkasnya.

Sebelumnya, BKKBN Provinsi Jawa Timur telah menetapkan 3 sekolah tingkat SMA dan 3 sekolah tingkat SMP sebagai sekolah terbaik dalam pelaksanaan Program SSK. Tiga sekolah tingkat SMA tersebut adalah MAN 4 Jombang, SMA N 1 Kepanjen Kabupaten Malang, dan SMA N 7 Kota Malang. Sedangkan 3 sekolah tingkat SMP terbaik dalam program SSK adalah SMP N 10 Malang, SMP Islamiyah Widodaren Kabupaten Ngawi, dan SMP N 1 Pujer Kabupaten Bondowoso.

Lomba SSK Paripurna merupakan lomba yang diselenggarakan oleh BKKBN Pusat bagi seluruh sekolah yang menyelenggarakan program SSK. Penyelenggaraan Lomba SSK Paripurna merupakan strategi dalam upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan SSK. Melalui lomba ini, diharapkan pengelola dan pelaksana SSK semakin termotivasi mendayagunakan sumber daya yang tersedia untuk menciptakan inovasi di bidang pendidikan kependudukan. (SM-Salma, Jurnalis MAN 4 Jombang)
Editor : (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *