Mengenal Sosok K.H. Syansuri, ayah K.H. Bisri Syansuri Tokoh Pendiri NU, MAN 4 Jombang Ikuti Ziarah Ponpes Mamba’ul Ma’arif ke Tayu, Pati

Jombang (MAN 4). Rombongan siswa kelas XI MAN 4 Jombang yang berasal dari beberapa asrama di bawah naungan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif adakan ziarah ke Tayu, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Bersama dengan segenap santri, pengasuh, guru, dan karyawan dalam Yayasan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, ziarah ini dilakukan dalam rangka haul K.H. Syansuri pada Ahad (14/8/2022).

“Ziarah ke Tayu tahun ini merupakan ziarah pertama setelah pandemi corona.” kata Zamiran panitia sekaligus guru MAN 4 Jombang.

Zamiran mengatakan ziarah ke Tayu merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun. “K.H. Syansuri merupakan ayah dari K.H. Bisri Syansuri selaku pendiri Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif. Tujuan utama ziarah ini memang ke Tayu. Tetapi dalam perjalanan, kita juga berziarah ke makam para wali dan ulama’ yang lain.” terangnya.

Ziarah yang diikuti oleh 626 santri ini berangkat pada Ahad (14/8) sekitar pukul 01.00 WIB dengan rute Mbah Asmoro Qondi – Sunan Sambu Lasem – Mbah Mutamakkin – K.H. Syansuri Tayu untuk bus putra. Sedangkan untuk bus putri dimulai dari makam Raden Fattah Demak – Mbah Mutamakkin – K.H. Syansuri, Tayu. Lebih lanjut, Zamiran menjelaskan rombongan ziarah tiba kembali di Jombang pukul 02.40 WIB pada Senin (15/8/2022).

“Ziarah ini bertujuan untuk tabarrukan atau ngalap berkah, yang merupakan salah satu bentuk tawassul atau wasilah kepada Allah melalui orang-orang yang dekat dengan-Nya, yaitu para ulama.” pungkasnya. (Yal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *