Menumbuhkan Kepedulian terhadap Sampah melalui Workshop Ecobrick

Jombang(20/02), MAN 4 Jombang memeringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 dengan kegiatan penyisiran sampah  dan workshop ecobrick. Kegiatan yang melibatkan sekitar 600 siswa-siswi kelas X MAN 4 Jombang ini dibuka langsung oleh kepala madrasah, H. Syamsul Maarif, S.Pd. M.Pd.I  dan dilanjutkan dengan kegiatan penyisiran (sweeping) sampah di sekitar lingkungan madrasah.

          Kegiatan dilanjutkan dengan workshop Ecobrick yang disampaikan oleh Sanggar Hijau Indonesia di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN 4 Jombang. Materi yang interaktif membuat para siswa-siswi merasa antusias mengikuti workshop ini. Banyak di antara mereka yang bertanya maupun menjawab beberapa pertanyaan dari pemateri mengenai masalah sampah di Indonesia yang cukup mengkhawatirkan.

          Peringatan HPSN 2020 MAN 4 Jombang ini memang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian peserta didik terhadap sampah di sekitar mereka khususnya sampah plastik. Dengan begitu jumlah sampah yang ada di sekitar kita bisa dikurangi atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

          Salah satu contoh pemanfaatan sampah khususnya sampah plastik yaitu dengan pembuatan Ecobrick. Kusuma Dewi, salah satu pemateri dari Sanggar Hijau Indonesia menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai sarana menumbuhkan budaya peduli sampah pada peserta didik.

 “Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus menanamkan pada mereka budaya membuang sampah untuk mengurangi sampah di lingkungan pondok pesantren,”ungkapnya ketika ditemui tim jurnalistik MAN 4 Jombang.

          Workshop Ecobrick ini mengajak para peserta untuk membuat Ecobrick melalui sampah yang mereka kumpulkan pada kegiatan penyisiran sampah tadi. Setiap Ecobrick dikerjakan oleh lima siswa secara berkelompok. Masing-masing kelompok diberikan satu botol plastik untuk pembuatan Ecobrick tersebut.

          Salah satu siswi MAN 4 Jombang juga mengungkapkan bahwa dia merasa senang dan sangat beruntung mengikuti kegiatan ini karena sangat bermanfaat.

         “Alhamdulillah, saya merasa senang mengikuti kegiatan workshop ini karena dapat menambah wawasan saya mengenai pemanfaatan sampah khususnya sampah plastik di sekitar lingkungan madrasah,” ujar Salma Oktavia.

            Workshop Ecobrick ini sangat bermanfaat bagi pengurangan sampah plastik juga untuk mengganti bahan batu bata. Biasanya Ecobrick ini digunakan untuk pembuatan kursi maupun tembok-tembok bangunan.

 

Penulis : M.Elga Johan  X-PK 1

Editor  : Husnul Hakim Dafiq F  XI-MIA 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *