Menumbuhkan Potensi Pelajar Nahdlatul Ulama: MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Makesta

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif melalui Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (PK IPNU-IPPNU) mengadakan Makesta (Masa Kesetiaan Anggota) yang dikemas dalam kegiatan Pelatihan Kader Penggerak Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) segmentasi pelajar, Kamis  (1/2/2024).

Sebanyak 50 siswa yang tergabung dalam organisasi PK IPNU-IPPNU MAN 4 Jombang mengikuti pelatihan di Ruang Keagamaan Lantai 3 Gedung KH. Bisri Syansuri MAN 4 Jombang. Pelatihan yang mengambil tema “Penguatan Potensi Pelajar Nahdlatul Ulama sebagai Kader yang Berdedikasi” ini digelar mulai pukul 07.00 hingga pukul 15.00 WIB.

Pelatihan ini merupakan salah satu pelatihan dasar kader penggerak Aswaja segmentasi pelajar untuk memperkuat wawasan dan doktrin keaswajaan, ke-NU-an, ke-IPNU-IPPNU-an, keorganisasian, kepemimpinan, dan kebangsaan. Para peserta dipersiapkan untuk menjadi kader penggerak Aswaja serta memiliki komitmen berkhitmad pada agama, negara, nusa dan bangsa terutama di lingkungan MAN 4 Jombang. Pasalnya, MAN 4 Jombang merupakan bagian dari Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar yang didirikan oleh Al Maghfurlah KH. Bisri Syansuri sebagai salah satu pendiri Jam’iyah Nahdlatul Ulama.

Pelatihan yang bernuansa Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) ini menghadirkan tokoh NU Mujiyono Zaini sebagai pemateri pertama yang membahas ke NU-an. Selain itu, Herlina Dwi Ariani sebagai pemateri kedua  yang membahas ke IPNU dan IPPNU-an serta Anni Fatuzulcha sebagai pemateri ke 3 membahas Keorganisasian, dan disusul Muhammad Nabil Hilmi Almusyarrof sebagai pemateri terakhir membahas ke Indonesiaan.

Aulia Rohmah selaku pembina mengungkapkan kegiatan ini merupakan upaya memperkuat kualitas kader NU.

“Makesta atau Masa Kesetiaan Anggota yang dikemas dalam kegiatan Pelatihan Kader Penggerak Aswaja merupakan gerbang utama kaderisasi dalam organisasi IPNU IPPNU. Saat ini organisasi yang merupakan salah satu Banom NU segmentasi pelajar ini usianya telah mencapai ke 70 tahun IPNU dan 69 tahun IPPNU, kiprahnya untuk NKRI telah membersamai dinamika bangsa sejak lama. Kegiatan ini merupakan upaya memperkuat kualitas kader kader NU muda yang tentunya suatu saat nanti akan menjadi pemimpin pemimpin NU masa depan. Semoga PK IPNU IPPNU MAN 4 Jombang semakin mampu memberikan manfaat untuk kemaslahatan Umat saat ini dan yang akan datang”, ungkap Aulia. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *