Meriahkan Satu Abad NU, MAN 4 Jombang Gelar Khataman dan Istighosah

Jombang (MAN 4) – Ribuan siswa MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar mengikuti khataman Alquran dan istighosah bersama dalam rangka memperingati satu abad Nahdlatul Ulama’ (NU) pada Selasa pagi (7/2/2023).

Khataman dan istighosah mengangkat tema “Menanamkan rasa cinta ulama melalui peringatan 1 abad Nahdlatul Ulama”. Kegiatan dibagi menjadi dua tempat, siswa putra melaksanakan khataman dan istighotsah di depan mushola putra, sedangkan siswi putri di gedung pusat pembelajaran terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang.

Khataman dan istighotsah dipimpin oleh guru MAN 4 Jombang Ahmad Muzakki untuk siswa putra dan Aminatur Rosyidah untuk siswi putri. Khataman dimulai sekitar pukul 07.30 dan dilanjut pembacaan istighosah.

Ira Purwandari selaku wakil kepala hubungan masyarakat MAN 4 Jombang mengatakan bahwa sebagian guru MAN 4 Jombang mengikuti acara puncak resepsi satu abad Nu di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

“Beberapa dewan guru putra MAN 4 Jombang berangkat ke acara resepsi satu abad NU di gor Sidoarjo. Kami yang di madrasah juga tetap ikut memeriahkan peringatan satu abad NU dengan khataman dan istighotsah bersama.” ucap Ira purwandari selaku waka humas MAN 4 Jombang.

Ira menambahkan bahwa NU begitu melekat pada MAN 4 Jombang, karena MAN 4 Jombang didirikan oleh salah satu pendiri NU, yakni KH. Bisri Syansuri.

“MAN 4 Jombang dulu namanya MAN Denanyar, didirikan oleh salah satu tokoh pendiri NU, KH. Bisri Syansuri.” terangnya.

MAN 4 Jombang, lanjut Ira, didirikan untuk memfasilitasi santri Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang dalam mengenyam pendidikan umum. Oleh karena itu, identitas santri dan karakter kepesantrenan sangat melekat pada siswa-siswi MAN 4 Jombang.

“Sebagian besar siswa kita adalah santri PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar, jadi karakter kepesantrenan sudah melekat pada para siswa. Dengan mengadakan khataman dan istighosah ini, kami berharap akan semakin menambah rasa cinta siswa terhadap para ulama, khususnya ulama NU.” (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *