OSIS MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Pilketos

Jombang – (11/10/23) Bertempat di Gedung KH. Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang, Organisasi Siswa Intra Sekolah MAN 4 Jombang gelar “Pesta Demokrasi” Pemilihan Ketua Dan Wakil Ketua OSIS MAN 4 Jombang. Kegiatan ini merupakan tahap selanjutnya dari penyeleksian calon pengurus OSIS MAN 4 Jombang setelah mengikuti beberapa tahapan tes yang dilakukan.
Kemudian, pada tanggal 09 Oktober 2023 dilaksanakan Debat dan Kampanye antar Paslon 1, 2 ,3 yang diikuti oleh seluruh siswa siswi MAN 4 Jombang yang turut andil dalam memberikan pertanyaan, sanggahan, serta dukungan bagi seluruh paslon.

Pemilihan ketua osis kali ini berbeda dengan tahun kemarin dikarenakan adanya projek P5 dan P2RA. Pemilihan diadakan menggunakan prinsip demokrasi. Jadi, seluruh warga sekolah diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan ini dengan cara voting melalui kotak suara dan diharapkan bagi seluruh warga sekolah menggunakan hak memilihnya dengan baik agar tidak terjadi golongan putih atau yang sering kita kenal dengan istilah golput.

Pembina OSIS dan panitia pelaksana memastikan proses pesta demokrasi ini dilakukan secara Luber Jurdil (Langsung, Bersih, Rahasia, Jujur dan Andil) agar kegiatan ini bisa membekali siswa berupa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga negara yang baik.

Tempat Pemilihan Suara (TPS) kali ini terbagi menjadi 4 TPS. TPS 1 terletak di Musholla MAN 4 Jombang dikhususkan untuk kelas XI dan XII putra, TPS 2 terletak di Kampus 2 lokal Selatan dikhususkan untuk kelas XI dan XII putri, TPS 3 dan 4 terletak di Gedung KH. Hasyim Asy’ari yang di khususkan untuk peserta kelas X putra dan putri.

Proses pemilihan ini dilakukan dengan beberapa tahapan sesuai prosedur yang diberikan oleh setiap ketua TPS, tahapan pertama yakni registrasi surat undangan PEMILU, kemudian dilanjutkan pengambilan surat suara untuk dicoblos di tempat, selanjutnya di masukkan ke dalam kotak suara setelah selesai pemberian tinta di jari kelingking sebagai tanda bukti telah turut andil dalam pemilihan ketua OSIS.

Kepala sekolah serta dewan guru juga turut berpartisipasi dalam pemilihan ketua OSIS, sebagai bentuk dukungan para siswa siswi dalam memajukan madrasah. Setelah proses voting di setiap TPS, akan menghasilkan beberapa suara yang akan diseleksi kembali yang akan diumumkan pasangan ketua dan wakil ketua OSIS masa khidmat 2023/2024.

(Reporter jurnalistik MAN 4 Jombang: Nasywa Agesta Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *