OSSBA X AJANG BERGENSI TAHUNAN MAN 4 JOMBANG

OSSBA (Olimpiade Sosial, Sains, Bahasa, dan Agama) merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh MAN 4 Jombang dengan tujuan diantaranya yakni sebagai upaya meningkatkan potensi akademik peserta, menunjukkan intelektualitas peserta, sebagai tolak ukur kemampuan peserta dalam memahami beberapa mata pelajaran pilihan, dan sebagai sarana untuk mengenalkan MAN 4 Jombang kepada dunia luar. Tuturnya.

Tidak seperti tahun sebelumya, OSSBA tahun 2022 yang merupakan OSSBA ke-X ini diadakan di tengah pandemi setelah mengalami vakum yang mana kegiatan ini terakhir dilaksanakan pada tahun 2019 akibat kasus covid-19 yang terus meningkat.

Beberapa kendala dalam pelaksanaan OSSBA tahun 2022 ini yakni kasus covid-19 yang menyebabkan pengetatan protokol kesehatan sehingga menyebabkan kurang leluasanya dalam pelaksanaan lomba, pendaftaran yang sebagian dilaksanakan secara online dan pembatasan jumlah kuota peserta yang kurang lebih separuh dari OSSBA sebelumnya yakni OSSBA 2019.

Sistem pelaksanaannya yakni dilaksanakan dalam satu gedung, Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu MAN 4 Jombang dengan pertimbangan agar dapat mudah mengawasi protokol kesehatan dan terdapat sebagian yang dibagi dalam beberapa ruangan Lab 1, Lab 2, Lab 3, dan Lab 4 MAN 4 Jombang. Dalam sistem penilaiannya panitia berpikir agar dapat menemukan peserta yang benar – benar berkualitas dengan minimnya waktu dan banyaknya soal yang disediakan dengan 1 babak putaran saja. Ungkap Umar Faruq selaku ketua pelaksana OSSBA ke-X MAN 4 Jombang.

Beberapa pesan dan kesan yang dilontarkan dari beberapa peserta dan pemenang yang mengikuti OSSBA yakni mereka senang dan puas serta Kompetisi OSSBA ini sebagai salah satu wadah untuk mengukur kemampuan diri serta berharap OSSBA dapat selalu dilaksanakan dan lebih maju kedepannya. Mereka/ peserta OSSBA rata-rata merupakan siswa delegasi atau pilihan dari sekolah masing-masing setelah melakukan seleksi dan persiapan kurang lebih dua minggu dalam mengikuti perlombaan ini.
Berikut daftar pemenang dalam kegiatan OSSBA ke-X tahun 2022:

1. Olimpiade Bahasa Arab
Juara 1: Ahmad Azhar Dimyathi, MTs Mamba’ul Ma’arif
Juara 2: Nurul Abidah, MTsN 4 Jombang
Juara 3: Naila Rizka Fahma, MTs. Darul Hikmah
2. Olimpiade Bahasa Inggris
Juara 1: Khosyi Maulana Cahyani, MTsN 1 Lamongan
Juara 2: Selin Wiraanindiya, MTsN 5 Jombang
Juara 3: Adil Haq Firmanda, MTsN 3 Tambak Beras
3. Olimpiade Ilmu Pengetahuan Sosial
Juara 1: Silvina Dwi Anggraini, MTsN 6 Kediri
Juara 2: Ludya Candra Mukti, MTsN 6 Kediri
Juara 3: Ayu Nur Azijah, MTsN 1 Kediri
4. Olimpiade Matematika
Juara 1: Adinda Ilmi Mubarrokah, MTsN 3 Tambak Beras
Juara 2: Dika Pasya Naswatama, MTsN 1 Kediri
Juara 3: Min Akhil Khariim Ziddan, MTs Roudlotun Nasyiin
5. Olimpiade IPA Terpadu
Juara 1: Arfa Marefa Hariyanto, MTsN 1 Lamongan
Juara 2: Firdausi Nuzula Maulidyah, MTsN 3 Tambak Beras
Juara 3: Afina Ilmi, MTsN 1 Nganjuk
6. Olimpiade (PAI) Pendidikan Agama Islam
Juara 1: Alma Husna Mafaza, MTsN 7 Kediri
Juara 2: Indira Maulidia Az-Zahra, Mts Plus Darul Ulum
Juara 3: I’anatul Auliyah, MTsN 4 Jombang

Dan kami ucapkan selamat kepada juara umum OSSBA tahun 2022 ini yang diraih oleh MTsN 1 Lamongan yang berhasil memperoleh banyak trompi dari berbagai macam olimpiade dari setiap mata pelajaran.

“Saya merasa terharu karena untuk tahun ini kami bisa membawa piala bergilir ini, dan saya ucapkan banyak terimakasih atas diselenggarakannya agenda ini dan semoga MAN 4 Jombang tambah maju dan bisa melaksanakan kegiatan rutinan ini dengan sukses.” Tutur Ibu Suci selaku Pembina OSN (Olimpiade Sains Nasional) MTsN 1 Lamongan.

Kontributor : TIM 1 JURNALISTIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *