Pengajian Rutin MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif, Berbuat Ihsan pada Segala Sesuatu

Kab. Jombang (MAN 4) – Pengajian rutin Kitab Majalisus Saniyyah karangan Syaikh Ahmad bin Syaikh Al Fasyani yang diikuti guru dan karyawan MAN 4 Jombang bersama K.H. Zainal Arifin Abu Bakar berlangsung dengan khidmat. Digelar di Gedung K.H. Bisri Syansuri Lt. 3 pada Sabtu pagi (9/3/2024), pembahasan sampai pada hadits ke 17 halaman 48.

Hadits tersebut termasuk hadits singkat namun sarat makna. Berisi perintah untuk berbuat baik pada diri sendiri, juga pada setiap makhluk, sampai pada saat menyembelih dengan berbuat baik pada hewan yang akan disembelih, dan perintah untuk menyenangkannya.

K.H. Zainal Arifin Abu Bakar yang juga pengasuh asrama Nur Khodijah 3 PP. Mamba’ul Ma’arif, Denanyar menjelaskan, “yang dimaksud menyenangkan hewan yang akan disembelih yakni menajamkan pisau sehingga hewan cepat untuk menyembelih, dianjurkan tidak mengasah pisau di hadapan hewan yang akan disembelih, tidak boleh menyembelih hewan lantas ditonton oleh hewan lainnya, dan tidak boleh melewatkan hewan yang akan disembelih di tempat penyembelihannya,” Jelas K.H. Zainal.

“inti dari hadits ini kita diperintahkan berbuat ihsan pada segala sesuatu. Termasuk menjadi pemimpin harus ihsan karena akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT,” tuturnya.

Terakhir, K.H. Zainal Arifin juga menerangkan, apabila tidak ingin disakiti maka jangan menyakiti orang lain, tetap sabar, dan berbuat baik pada siapapun.

“Hadits ini menjelaskan bahwa Allah sangat menyayangi hamba-Nya yang berbuat baik pada sesama, jangan menyakiti siapapun termasuk hewan, dan kalau tidak mau disakiti jangan menyakiti orang lain, tetap sabar,” pungkasnya. (hir)

PengajianRutinan Guru dan Karyawan MAN 4 Jombang bersama K.H. Zainal Arifin Abu Bakar
Previous slide
Next slide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *