Pengumuman Hasil Tes Wawancara Jalur Prestasi MAN PK MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Tahun Ajaran 2024/2025

Kab. Jombang (MAN 4) – Hasil tes wawancara jalur prestasi MAN PK MAN 4 Jombang akhirnya telah diumumkan, Sabtu (24/2/2024). Adapun peserta yang lolos adalah sebagai berikut:

Nama

Asal Sekolah

Kaila Adenin Reiki Damayoni

SMP Khairunnas

Izzah Muflihah

SMP Plus Sunan Ampel

Muhammad Afif Masyhury

MTs Negeri 1 Trenggalek

Muhammad In’amul Haq

SMPIT Ar Ruhul Jadid

Muhammad Nafis Althof

SMP Al-Furqan MQ

Rayya Aina Camila

MTsS Banu Hasyim

Sinta Mahadana

MTsN 4 Nganjuk

Muhammad Wafdulloh

MTsN 4 Jombang

Sebelumnya, MAN 4 Jombang telah menggelar tes wawancara Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) bagi calon siswa jalur prestasi pada 22 Februari 2024 lalu. Kegiatan yang bertempat di Gedung K.H. Bisri Syansuri Lt. 3 ini diikuti oleh peserta yang memenuhi syarat dan lolos tahap administrasi jalur prestasi baik akademik maupun non akademik.

Adapun syarat untuk mengikuti jalur prestasi adalah memiliki hafalan Quran minimal 15 juz, serta prestasi di bidang akademik dan keagamaan lain yang selevel. Seperti juara 1, 2, dan 3 tingkat provinsi, nasional, maupun internasional pada olimpiade, Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Tilawatil Quran dan Hadits (TQH), atau Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK). Bisa juga siswa yang berpretasi dalam Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES), dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Aziz Ja’far selaku penguji mengatakan, “kuota yang diberikan oleh pusat pada jalur prestasi MAN PK hanya 8 orang. Oleh karena itu, tahun ini ada 17 peserta jalur prestasi namun 5 di antaranya tidak memenuhi syarat sehingga bersisa 12 orang ini,” kata Aziz yang juga merupakan koordinator MAN PK MAN 4 Jombang, Selasa (22/2/2024).

Dirinya juga menjelaskan bahwa masing-masing peserta seleksi jalur prestasi melalui tes wawancara akan melewati empat meja penguji. Hal tersebut bertujuan untuk mengkonfirmasi kemampuan dan prestasi yang telah diraih sebelumnya.

“Kalian harus melewati empat meja penguji yang ada di sini, antara lain meja pertama BTQ (Baca Tulis Qur’an), meja kedua motivasi, kepribadian, dan moderasi beragama, meja ketiga tes kemampuan Bahasa Arab dan baca kitab, terakhir adalah tes kemampuan Bahasa Inggris,” jelasnya.

Dalam sambutan Kepala MAN 4 Jombang yang diwakili Ali Mahfudz menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan proses yang sudah ditentukan dari pusat dalam rangkaian SNPDB MAN PK di seluruh Indonesia khususnya MAN 4 Jombang.

“Tes wawancara pada jalur prestasi ini adalah syarat untuk bisa diterima di MAN PK MAN 4 Jombang. Apabila lulus dijalur ini, kalian tidak perlu mengikuti tes tulis MAN PK. Ini merupakan seleksi nasional yang diselenggarakan serentak di Indonesia,” ujar Mahfud selaku Waka Bidang Kurikulum.

“Apabila ada yang tidak lolos pada jalur prestasi, maka bisa langsung masuk melalui jalur tes. Jika nanti kalian sudah diterima, jangan sampai mengundurkan diri. Akan ada konsekuensi untuk itu,” imbuhnya.

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) telah dibuka pada 8 Januari 2024 lalu. Ada dua jalur pendaftaran yaitu jalur tes dan jalur prestasi. Adapun jalur tes berbasis CBT akan dilaksanakan pada 1 sampai 9 Maret 2024 mendatang. (hir)

Penguji Tes Wawancara Jalur Prestasi MAN PK MAN 4 Jombang
Peserta Tes Wawancara Jalur Prestasi MAN PK MAN 4 Jombang
Proses Tes Wawancara Jalur Prestasi MAN PK MAN 4 Jombang
Previous slide
Next slide

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *