PENYULUHAN HIV AIDS PADA SISWA OLEH PUSKESMAS PULO LOR JOMBANG DI MAN 4 JOMBANG

(03/03) dilaksanakan penyuluhan HIV/AIDS kepada siswa siswi MAN 4 JOMBANG oleh Bpk. Muhammad Zuhdi dari puskesman Pulo Lor, Jombang. Acara dimulai pada pukul 09.20 diikuti oleh sekitar 20 siswa dan 20 siswi, berempat di AULA MAN 4 JOMBANG. Dijelaskan tentang pengertian, masa inkubasi, penularan, pencegahan, dan juga dampak dari HIV/AIDS.

            Selama ini banyak yang menggangap HIV dan AIDS adalah sama. Tetapi sebenarnya berbeda, HIV (Human immunodificienty virus) adalah virus yang menyerang sisitem kekebalan tubu manusia sehingga penderitanya memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Sedangkan AIDS (acquired immuno deficiency syndrom) adalah ketika seseorang sudah menderita HIV kemudian terserang virus atau penyakit lain.

            Sebenarnya HIV tida mematikan melainkan penyakit lain yang menyerang penderita HIV-lah yang mematikan. “ Kalian harus pintar menjaga kesehatan diri sendiri, jangan sampai Leukosit dirusak oleh diri sendiri akibat jajan jajanan sembarangan dan kurangnya kebersihan”. Ujar Pak Zuhdi.

            Beliau juga sedikit menyinggung tentang wabah korona dan hepatitis A baru-baru ini. Mangingatkan kita untuk selalu waspada terhadap lingkungan dan orang-orang disekitar kita. Karena sehat itu mahal dan sampai sekarang HIV dan korona belum ditemukan obat dan vaksinnya.

Penulis : Roy Amrullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *