Peringati Hari Pahlawan, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Upacara, Cerdas Cermat, Hingga Fashion Show

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif memperingati hari pahlawan pada Rabu, 10 November 2022 dengan mengadakan upacara bendera, cerdas cermat, hingga fashion show bertema pahlawan dan adat istiadat.

Upacara digelar di depan Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (GPPT) MAN 4 Jombang. Diikuti oleh seluruh siswa putra serta segenap dewan guru.

“Tadi rencana awal upacaranya di lapangan Desa Denanyar, tapi karena ada hal yang tidak terduga, akhirnya tidak bisa menggunakan lapangan desa. Sehingga kami alihkan upacara di depan GPPT. Karena lahan di depan GPPT terbatas, jadi upacara hanya diikuti oleh siswa putra.” terang M. Makin selaku Waka Kesiswaan.

Plt. Kepala MAN 4 Jombang, Mukhammad Ali Makhfud bertindak selaku pembina upacara menyampaikan pesan bahwa para siswa sebagai generasi penerus bangsa agar senantiasa mengingat jasa para pahlawan dengan giat belajar sebagai wujud pengabdian kepada negeri.

“Hari Pahlawan adalah suatu momentum untuk membangkitkan semangat warga Indonesia bukan hanya yang lanjut usia tetapi juga bagi para pemuda penerus bangsa Indonesia.” ucap M. Ali Makhfud.

Upacara ditutup dengan pembacaan puisi yang berjudul “Jasa Pahlawan” oleh Sabinatun Nabila dari kelas XII IIB. Terlihat para siswa mendengarkan dengan seksama sehingga menambah khidmat dalam merenungi jasa para pahlawan.

Selepas upacara, kegiatan dilanjut dengan cerdas cermat untuk siswa putra dan lomba fashion show untuk siswi putri.


Cerdas cermat diadakan di GPPT MAN 4 Jombang. Setiap kelas mengirimkan wakil sebagai peserta cerdas cermat. Tema cerdas cermat ini tentang kepahlawanan sehingga pertanyaan yang diajukan meliputi peristiwa 10 November, dan tokoh-tokoh kepahlawanan. Kegiatan berlangsung riuh ketika para peserta berebut untuk menjawab pertanyaan.

Yang paling menguras perhatian adalah acara fashion show siswi putri. Osis selaku pihak panitia meminta setiap kelas untuk mengirimkan satu deleasi dalam fashion show dengan tema pahlawan atau adat. Tak disangka antusia para siswi begitu tinggi.

Terlihat dari kostum yang digunakan oleh mereka yang begitu menarik. Dari yang berdandan ala pahlawan-pahlawan wanita, hingga peserta yang berdandan menggunakan baju adat dari berbagai suku di Nusantara.

Menariknya, beberapa dari mereka membuat kostum sendiri. Tak terkecuali peserta kelas XII IIS 6 yang menjadi pemenang lomba. Mengangkat tema pakaian adat Papua, kelas XII IIS 6 membuat kostum menggunakan kain goni.

”Mereka iuran sendiri membeli kain goni, lalu membuat baju khas Papua sendiri. Kalau peserta lain kebanyakan merias wajah dengan cantik, bahkan banyak yang ke salon. Kalau kelas XII IIS 6, cukup pakai cat air.” terang Lilik Nurwati, wali kelas XII IIS 6 sembari tertawa (MLM)

Editor : hiy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *