Perkuat Bahasa Sebagai Identitas Bangsa, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Peringatan Bulan Bahasa

Kab. Jombang (MAN 4) – Peringatan Bulan Bahasa yang jatuh pada Oktober mengingatkan kita pada peristiwa Sumpah Pemuda. Pada momen itu, para pemuda mewakili seluruh rakyat Indonesia sepakat menjadikan bahasa Indonesia sebagai identitas di tengah masyarakat yang multikultural.

Tak ketinggalan, MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif pun turut menggelar Peringatan Bulan Bahasa yang melibatkan seluruh siswa jurusan Bahasa.

Tahun ini menjadi tahun ketiga MAN 4 Jombang menggelar peringatan Bulan Bahasa. Rangkaian Kegiatan Bulan Bahasa diawali dengan seminar Bahasa dan Sastra pada Sabtu (21/10/23) bersama penulis dan budayawan Jombang Dian Sukarno S. Pd.

Berbagai macam perlombaan digelar seperti lomba menulis puisi dan cerpen (cerita pendek, red) bagi seluruh siswa MAN 4 Jombang. Puncaknya, pada tanggal 11-12 November 2023 digelar Language Camp di Padepokan Wonosalam Lestari.

Mukhlis Imam Bashori, ketua panitia peringatan bulan bahasa mengungkapkan bahwa peringatan bulan bahasa penting untuk memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

“Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa pemersatu atau bahasa nasional bangsa Indonesia. Ini penting kita tanamkan kepada siswa agar memperkuat rasa nasionalisme dan cinta tanah air.” terangnya.

Bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia ini, peringatan bulan bahasa harus terisi dengan kegiatan yang bermakna. Artinya, kegiatan tersebut dapat membuat siswa merefleksikan bahasa Indonesia sebagai identitasnya.

“Peringatan bulan bahasa harus kita isi kegiatan yang bisa membuat siswa merefleksikan Bahasa Indonesia sebagai identitasnya. Dengan apa? Misal seminar, cipta puisi dan cerpen atau kegiatan lain yang dapat membangun rasa cinta terhadap Bahasa kita. Ini wujud kita melestarikan dan menjaga Bahasa Indonesia.” ungkapnya.

Sementara itu, pada puncak peringatan Bulan Bahasa di Wonosalam, para siswa mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba stand up, lomba mendongeng, lomba teater/drama, outbond, dan lomba cerdas cermat. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *