PIK-R MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Gelar Workshop, Kupas Tuntas Kesehatan Mental dan Isu Remaja

Kab. Jombang (MAN 4) – Guna membekali kesehatan mental dan mencegah terjadinya pergaulan bebas pada remaja, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) MAN 4 Jombang menggelar workshop dengan tema  “Jawaban Atas Segala Keresahan Mentalmu”, Selasa (20/2/2024). Diikuti oleh 174 siswa MAN 4 Jombang, acara yang berlokasi di Gedung K.H. Bisri Syansuri Lt. 3 ini berjalan dengan lancar.

Kegiatan tersebut diisi oleh Amalia Raminingrum dan perwakilan dari Sebaya Youth Center Jombang M. Gilang Ramadhan. Materi yang dibahas sesuai dengan kondisi remaja saat ini yaitu kesehatan mental dan isu-isu remaja yang semakin melonjak karena pergaulan bebas.

“Punya keluhan jangan ditahan karena akan menimbulkan kelemahan,” Kata Amalia yang merupakan tenaga psikolog.

M. Gilang Ramadhan dari Sebaya Youth Center Jombang juga menambahkan, “remaja itu banyak pilihannya tapi remaja itu sangat potensial untuk pengembangan diri dan memajukan bangsa,” imbuhnya.

Pembina PIK-R MAN 4 Jombang, Ni’maturrohmah mengatakan bahwa tujuan dari workshop ini adalah agar siswa memahami dan bisa menghadapi permasalahan hidup.  Hal tersebut penting dilakukan karena akan berdampak bagi masa depan.

“Kesehatan mental anak remaja kan masih labil, jadi tujuannya workshop ini adalah supaya anak lebih memahami dan menghadapi permasalahan-permasalahan hidup,” kata Ni’mah.

Ni’mah menjelaskan, “kesehatan manusia ada 3 yakni kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kesehatan spiritual. Kesehatan fisik itu berkaitan dengan tubuh, kalau kesehatan mental itu mencakup emosi, kejiwaan, psikis, sehingga memungkinkan dalam menghadapi hidup. Misal, mendapat pelecehan seksual atau bullying. Apabila tidak ada penanganan serius, maka akan berdampak pada psikologis dan masa depannya. Dia akan menjadi introvert, stress, depresi, dan gangguan lain. Sedangkan kesehatan spiritual itu berkaitan dengan norma agama. Seperti dalam hati seseorang itu tidak boleh ada rasa iri dengki, dendam, dan lain-lain,” jelas Ni’mah yang juga guru fisika MAN 4 Jombang.

Dirinya juga berharap dengan adanya workshop ini siswa MAN 4 Jombang mampu menghadapi masalahnya sendiri. “Diharapkan dengan workshop ini anak-anak mampu menghadapi masalahya sendiri. Karena kadang ada anak yang punya masalah tidak menceritakan ke orang lain dan dipendam. Minimal mereka kuat mentalnya dan tahu cara menghadapi masalah dalam hidup,” imbuh Ni’mah. (hir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *