Selamat, Tiga Siswa MAN 4 Jombang PP. Mamba’uk Ma’arif Juarai Musabaqoh Tarikh Islam Se Jawa Madura 2023

Kab. Jombang (MAN 4) – MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif tak hentinya mengukir prestasi. Kali ini, tiga siswa MAN 4 Jombang berhasil menyabet juara Musabaqoh Tarikh Islam (MTI) se Jawa Madura yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya, Sabtu (26/08/23).

Pada perlombaan, MAN 4 Jombang berhasil meraih juara 2 yang diperoleh Diva Kamilia (XI PK 2), Juara Harapan 1 oleh Muhammad Zuhhar Raihan Noor (XII MIA 1), dan Juara Harapan 2 yang diperoleh Fariha Zuyyina Zahroh siswi Kelompok Belajar Cepat (KBC).

Risalah Diwandini selaku pembina olimpiade Sejarah Kebudayaan Islam (SkI) mengaku bangga terhadap para siswanya.

“Anak-anak luar biasa. Bisa mengalahkan 114 peserta se Jawa-Madura. Pertanyaan-pertanyaannya setara kuliah, sulit-sulit. Tapi anak-anak bisa menyelesaikan dengan sangat baik. ” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa para siswa melalui beberapa tahapan sebelum menuju final dan menjadi juara. Dimulai pada tanggal 14 Agustus 2023, peserta MTI menjalani babak penyisihan awal yaitu dengan mengerjakan soal secara online.  Dari 114 peserta yang mengikuti seleksi, diambil 10 siswa dengan nilai tertinggi. Hasil seleksi babak pertama diumumkan pada 19 Agustus 2023

“Kami mendaftarkan 8 siswa. Alhamdulillah 3 diantaranya masuk 10 besar.” terang Risa.

Sepuluh peserta terbaik selanjutnya mengikuti tahap semifinal di UIN Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu, 26 Agustus 2023. Pada tahap ini, para peserta mengerjakan soal uraian dan menjawab cepat (cerdas cermat).

Di babak semifinal, Diva Kamilia berhasil keluar sebagai salah satu diantara 3 peserta yang berhak menuju final. Hingga akhirnya Diva Kamilia berhasil meraih Juara 2 Musabaqoh Tarikh Islam 2023.

Risalah Diwandini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung.

“alhamdulillah. Ucapan terima kasih terutama buat anak-anak  yang sudah mau berjuang dengan maksimal. Terima kasih juga kami ucapkan kepada guru-guru MAN 4 Jombang yang telah mendoakan.” pungkasnya. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *