SEMARAK PERINGATAN BULAN BAHASA MAN 4 JOMBANG

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jombang menghelat pagelaran bulan bahasa pada 30-31 Oktober 2021. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “BERKARYA DENGAN BAHASA INDONESIA MEMPERKUAT JATI DIRI BANGSA”.
Bulan bahasa di MAN 4 Jombang tahun ini merupakan revitalisasi setelah 8 tahun kegiatan ini vakum. Bulan Bahasa ini dikemas dalam kegiatan luar madrasah. Wonosalam training Center (WTC) dipilih sebagai tempat yang representatif untuk mengembangkan kecintaan dan kualitas kebahasaan bagi para siswi di jurusan Bahasa MAN 4 Jombang dengan konsep tadabbur alam.
Peringatan Bulan Bahasa ini merupakan rangkaian kegiatan yang menstimulasi daya fikir dan kreatifitas siswa melalui kegiatan menulis cerpen, puisi, mendongeng, pentas seni, dan lomba yel-yel. Kegiatan ini dikuatkan dengan penanaman kekompakkan, kepemimpinan, serta sense of belonging terhadap jurusan Bahasa melalui outbond. Kegiatan ini berlangsung meriah.
“Ini sebagai ajang mengekspresikan diri siswa dalam mengembangkan talenta dan menyalurkan bakat yang dimiliki, bahkan sebagai ekspresi diri untuk memperingati bulan bahasa dengan cara berkarya dengan ajang lomba,” kata Kepala MAN 4 Jombang, Syamsul Ma’arif, Sabtu (30/11).
Kamad mengungkapkan, bahasa merupakan hal penting yang harus tetap dipelajari, dimana tidak mungkin ada susunan ilmiah manakala seseorang tidak menguasai bahasa itu sendiri. “Karena bahasa ialah hakekat dari manusia itu sendiri, maka dari itu sewajarnya kita perlu menguasai beberapa Bahasa,” tuturnya.
Sementara Ketua Pelaksana Bulan Bahasa 2021 Agus Mad menjelaskan, kegiatan siswa dalam peringatan bulan bahasa terdiri dari tiga cabang bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Inggris. Lomba yang diselengarakan untuk kategori Bahasa Indonesia yakni cipta dan baca puisi, cerpen, dan cerdas cermat. Untuk kategoti Bahasa Inggris, yakni story telling. Sedangkan untuk kategori Bahasa Arab adalah lomba pidato.
“Wadah ini merupakan bentuk pemberdayaan imaginasi dan kreasi siswa. Reward yang kami berikan kepada pemenang lomba, sebagai bentuk apresiasi untuk pengembangan ke arah yang luar biasa,” imbuhnya
Sementara itu siswi kelas XII Bahasa Novitri, mengaku bangga bisa mengikuti kegiatan bulan Bahasa. Baginya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan public speaking salah satunya dalam lomba membaca cipta dan baca. “Novitri berharap kedepannya, semoga lomba seperti ini bisa terus di gelar di MAN 4 Jombang, dengan ruang lingkup yang lebih luas lagi dan meriah lagi,” pungkasnya.
(roy amrullah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *