Siapkan OSN Tingkat Nasional, Delegasi MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar jalani Karantina di Malang

Kab. Jombang (MAN 4) – Naylus Syifa’i, delegasi MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Denanyar dalam bidang matematika di Olimpiade Sains Nasional (OSN) jalani karantina di Hotel Batu Suki, Malang. Karantina ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur selama 4 hari, mulai tanggal 26 sampai 29 September 2022.

Sebanyak 89 siswa dari berbagai sekolah di Jawa Timur yang telah dinyatakan lolos ke tingkat nasional mengikuti karantina. Karantina ini bertujuan untuk membina secara intersif siswa perwakilan Jawa Timur dalam Olimpiade Sains Nasional yang akan dihelat pada 4-5 Oktober mendatang. Ajang bergengsi ini rencananya akan dilaksanakan secara daring.

“Peserta karantinanya 89 dari 9 bidang yang berbeda. Masing-masing bidang diwakili 10 siswa. Ada 1 bidang yang diwakili 9 siswa, yakni bidang biologi. Makanya jumlahnya 89.” terang Ira Purwandari selaku pembina Naylus.

Pada OSN tahun ini, Kabupaten Jombang berhasil mengirim 4 siswa terbaiknya, yakni 1 siswa bidang matematika dari MAN 4 Jombang, 1 siswa bidang geografi dari MA Unggulan Darul Ulum Rejoso, dan 2 siswa bidang geografi dari SMA Darul Ulum 2 Jombang.

“Kita satu-satunya sekolah negeri yang mewakili Jombang dalam OSN tingkat nasional.” tambah Ira.

Sebelumnya, Naylus Syifa’i telah melalui Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten (OSN-K) pada 23-25 Mei 2022 dan berhasil lolos provinsi. Selanjutnya dalam Olimpiade Sains Tingkat Provinsi (OSN-P) pada 22-25 Agustus, namanya kembali masuk dalam 10 besar juara. Hingga akhirnya ia berhasil memastikan tempat di Olimpiade Sains Nasional pada Oktober mendatang. Ira Purwandari selaku Pembina mengharap doa dari semua pihak.

“Mohon doanya semua, Naylus lancar dan bisa mendapatkan hasil yang terbaik.” pungkas Ira.

OSN merupakan olimpiade yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Bidang olimpiade meliputi bidang matematika, fisika, kimia, biologi, informatika, astronomi, ekonomi, kebumian, dan geografi. OSN diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Terpilihnya peserta didik terbaik dari OSN, akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *