Siswi MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif Lolos Tahap II IMMB 2023

Jombang (MAN 4) –  Fika Barirothul Mustagfiroh, siswi kelas XI MIA 7 MAN 4 Jombang PP. Mamba’ul Ma’arif berhasil lolos tahap kedua pemilihan Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah (IMMB) 2023. Pada ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementerian Agama Republik Indonesia itu, Ia berhasil lolos dalam penilaian presentasi naskah dan masuk dalam 40 besar calon Inisiator Muda Moderasi Beragama Madrasah 2023.

Hasil seleksi presentasi naskah diumumkan pada Rabu (5/7/23) di laman resmi IMMB, https://madrasah.kemenag.go.id/immb/. Fika Barirothul M. menjadi salah satu dari tiga peserta yang lolos dari Provinsi Jawa Timur. Dua peserta lain berasal dari MA Unggulan KH. Wahab Hasbullah Jombang dan MAN 1 Kota Malang.

Fika, panggilan akrabnya, mengungkapkan terima kasih dan rasa syukur serta meminta doa kepada semua pihak.

“Alhamdulillah, terima kasih atas dukungan dan doa, terutama kepada Bapak Makin selaku pembimbing saya. Mohon doa dan dukungannya agar saya bisa melalui tahap selanjutnya dengan lancar.” ucapnya.

Sebelumnya, Fika telah melalui tahap pertama seleksi IMMB 2023 pada 31 Mei 2023 dengan berhasil masuk dalam 120 seleksi naskah terbaik IMMB dari total 740 peserta. Pada tahap kedua, ia menjalani tahap presentasi naskah (draf rencana aksi) pada 22 Juni 2023 dan berhasil masuk dalam 40 besar rencana aksi terbaik IMMB.

Fika merancang aksi yang berjudul “Sikap Moderasi Beragama dalam Pemahaman yang Luas dan Pengaplikasian Tanpa Batas” dengan melakukan dua aksi, yakni edukasi (melalui media sosial) dan aksi aplikasi dengan mengadakan kompetisi siswa yang berkaitan dengan moderasi beragama.

Selanjutnya, Fika dan 39 peserta terbaik lainnya akan menjalani pelatihan dan pendampingan dari panitia IMMB untuk kemudian mengimplementasikan naskah lombanya ke dalam Rencana Aksi Perubahan selama 2 bulan, dari minggu ketiga bulan Juli hingga akhir bulan September mendatang.

Setelahnya, seluruh peserta akan mempresentasikan hasil aksi perubahan yang dilakukan. Pada tahap ini, tim juri akan memilih 10 peserta terbaik, untuk selanjutnya dipilih 3 peserta terbaik yang akan diumumkan pada akhir Oktober mendatang. (hiy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *